Urgensi Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar

Urgensi Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar

Urgensi Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar

 Abstrak
        Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu bidang pelajaran yang mengkaji dan menganalisis gejala masalah sosial di masyarakat ditinjau dari segala aspek kehidupan. Sebagian orang beranggapan bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang mudah dan tidak terlalu penting untuk dipelajari, sehingga pembelajaran IPS dipandang sebelah mata. Akan tetapi, faktanya Ilmu Pengetahuan Sosial sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran IPS yakni untuk mempersiapkan dan membantu peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan pada kehidupan bermasyarakat. Itulah sebabnya pembelajaran IPS sangat penting untuk dipelajari oleh semua kalangan, terutama pada pendidikan dasar. Perlunya pemberian pembelajaran IPS pada siswa sekolah dasar akan dibahas dalam tulisan ini.
Kata kunci : Pembelajaran IPS dan Sekolah Dasar.
 Pendahuluan
        Dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 berkenaan tentang system pendidikan nasional memberi definisi pendidikan yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (UU RI, NO.20, 2003).
    Tujuan dari pembelajaran IPS yakni untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar pada peserta didik agar lebih peka terhadap berbagai aspek permasalahan baik dari diri pribadi maupun lingkungan masyarakat serta terampil dalam mengatasinya. Di samping itu, IPS sangat berperan dalam mempersiapkan peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia dan terkancah dalam pergaulan masyarakat dunia.
Beragam perspektif pada masyarakat mengenai mata pelajaran IPS. Sebagian orang berpandangan bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang tidak terlalu penting untuk dipelajari karena mata pelajaran ini dianggap mudah dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga hanya dipandang sebelah mata. Berbeda dengan mata pelajaran pasti seperti sains dan matematika yang lebih diutamakan dan dianggap memiliki nilai lebih dimata masyarakat. Padahal dalam kehidupan sehari-hari semua ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kita pelajari pasti berguna dan dalam mata pelajaran IPS ini siswa diajarkan berdaptasi di lingkungannya, membangun karakter yang baik, dan dapat mengatasi suatu masalah sosial dengan bijaksana (Ratnawati, 2013).
         Pola pikir pada masyarakat yang masih memandang sebelah mata pada mata pelajaran IPS haruslah diubah. Masyarakat harus lebih memahami urgensi dari pembelajaran IPS. Guru sangat berperan dalam proses pembelajaran IPS ini. Maka dari itu, pendidik dibekali pola dan model pembelajaran IPS yang inovatif, kreatif, dan mengaitkan pelajaran IPS dengan kehidupan sehari-hari sehingga membuat siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas serta membuat pembelajaran lebih bermakna.
Pembahasan
    A. IPS Dimuat dalam Mata Pembelajaran
            Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan ilmu yang mengkaji berbagai macam isu atau gejala masalah sosial yang ada di masyarakat. Pembelajaran sosial dimuat dalam bentuk mata pelajaran. Perkembangan dan penggunaan kecerdasan manusia telah menghasilkan apa yang kita sebut kapasitas budaya dan kemampuan orang untuk menggunakan pengetahuan budaya yang sangat meningkatkan kesejahteraan manusia. Ekspresi budaya baik dalam bentuk material maupun non-material telah mengubah kelompok-kelompok manusia menjadi kelompok-kelompok sosial yang luas.
IPS sebagai mata pelajaran terpadu terdapat di SD/MI dan SMP/MTs sedangkan untuk jenjang SMA/MA dan SMK/MAK terdapat IPS dengan pendekatan separated. Penyatuan materi mata pelajaran IPS menganut pendekatan terpadu, artinya mata pelajaran dikembangkan dan disusun tidak mengacu pada disiplin ilmu yang terpisah melainkan mengacu pada aspek kehidupan nyata peserta didik (Rahmad, 2016).

    B. Pendidikan IPS di Sekolah Dasar
            IPS di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial (sosiologi, geografi, ekonomi, dan sejarah) dan berbagai isu dalam masalah sosial kehidupan. Pada hakikatnya pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) bersifat terpadu (integrasi). Hal ini bertujuan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan bahan atau materi yang disesuaikan dengan karakteristik, lingkungan, dan kebutuhan siswa.
            Pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat diintegrasikan dengan berbagai pendidikan lainnya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPS dapat diintegrasikan dengan lingkungan hidup, sesuai dengan tujuan Pembelajaran IPS yaitu siswa mampu berpikir kritis, memecahkan permasalahan sosial, dan peduli terhadap lingkungan. Sikap sadar akan permasalahan sehari-hari di lingkungan sekitar seperti membuang sampah pada tempat sampah, membersihkan kelas yang kotor, mengikuti kerja bakti membersihkan sekolah bersama. Diharapkan mampu menanamkan sikap sadar akan lingkungan (Putri Aprilia Wulandari, Nabila Agata Amalia, 2018).
    C. Pentingnya Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar 
            Pembelajaran IPS menjadi penting disebabkan oleh latar belakang siswa yang berbeda- beda. Mereka menjadi anggota masyarakat dengan membawa “budaya” yang mereka anut, dalam hal ini sekolah menjadi salah satu fasilitas untuk mengenal masyarakat. Sekolah dikatakan penting karena apa yang menjadi informasi diluar sekolah dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang lebih bermakna dan sesuai dengan jenjang pendidikannya yang belum mampu menguasai masalah-masalah yang ada di sekitarnya, melalui pembelajaran IPS siswa bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, perilaku serta kepekaan terhadap lingkungan.
            Dengan adanya pembelajaran IPS di SD membantu untuk mempersiapkan dan menghasilkan generasi anak bangsa menjadi warga negara yang berpikir kritis, terampil dan peduli. Berpikir kritis dan terampil diartikan sebagai terampil dalam menyelesaikan masalah dan mengambil setiap keputusan dengan bijaksana. Sedangkan peduli diartikan peduli terhadap lingkungan sekitar baik lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Itulah sebabnya pembelajaran IPS sangat diperlukan untuk siswa sekolah dasar agar menghasilkan masyarakat atau warga negara yang berkualitas, berakhlak mulia, mampu menyelesaikan berbagai masalah, dan peduli kepada lingkungannya.
    D. Penutup
         IPS merupakan bidang studi yang cara pandangnya bersifat terpadu, artinya bahwa IPS merupakan integrasi dari sejumlah mata pelajaran yakni sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi. Adapun perpaduan ini disebabkan mata pelajaran-mata pelajaran tersebut mempunyai kajian yang sama yaitu manusia.
            Pendidikan IPS penting diberikan kepada siswa pada jenjang pendidikan dasar, karena siswa sebagai anggota masyarakat perlu mengenal masyarakat dan lingkungannya. pembelajaran IPS sangat diperlukan untuk siswa sekolah dasar agar menghasilkan masyarakat atau warga negara yang berkualitas, berakhlak mulia, mampu menyelesaikan berbagai masalah, dan peduli kepada lingkungannya.


Daftar Pustaka
Putri Aprilia Wulandari, Nabila Agata Amalia, & A. L. M. M. S. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup dan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alteernatif Penanaman Kesadaran Lingkungan. E-PROSIDING FKIP FKIP-UNIVERSITAS JEMBER, 7(4), 36–48. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro%0A

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. MUALLIMUNA, 2(1), 67–78.

Ratnawati, E. (2013). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi,2.https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/edueksos.v2i1.635?domain=https://www.syekhnurjati.ac.id

UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf


By: Hilda Dwi Magfiroh

Belum ada Komentar untuk "Urgensi Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel