Menumbuhkan Motivasi Belajar Tentang Mengenal Lingkungan Sekitar Kita Pada Siswa Kelas 3 MI di Masa Pandemi

Menumbuhkan Motivasi Belajar Tentang Mengenal Lingkungan Sekitar Kita Pada Siswa Kelas 3 MI di Masa Pandemi

Menumbuhkan Motivasi Belajar Tentang Mengenal Lingkungan Sekitar Kita Pada Siswa Kelas 3 MI di Masa Pandemi

Abstract:

    Motivasi adalah sebuah dorongan sesuai dengan minat yang besar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Belajar adalah proses sengaja yang dilakukan oleh siswa untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara keseluruhan, secara sadar, dan membawa dampak positif bagi siswa sehingga akan terjadi pembaruan. Mengenal Lingkungan adalah bagian dari alam yang dapat digambarkan melalui denah atau peta.

Keyword: Motivasi, belajar, Mengenal Lingkungan

A. Pendahuluan

    Menurut Hasibuan bahwasannya motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan. (Sedangkan menurut Marsiatun, Motivasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa. Motivasi belajar adalah latar belakang, tujuan, dan keinginan yang dimiliki peserta didik dan mampu mendorongnya untuk selalu mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasilah yang mendorong siswa ingin melakukan kegiatan belajar.
    Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah dorongan sesuai dengan minat yang besar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan kebutuhan dalam belajar, sehingga siswa dapat belajar dengan baik. Peran guru di dalam maupun di luar kelas yaitu sebagai motivator, maka dari itu peran guru disini dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Kurangnya motivasi siswa untuk belajar dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar.
    Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi dunia khususnya bangsa kita yaitu bangsa Indonesia, karena dilanda pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemic penyakit koronavirus 2019 atau Coronavirus disease 2019 disingkat COVID-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia. COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020. Hal ini menyebabkan dunia pendidikan di Indonesia mengalami perubahan, perubahan tersebut adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah atau melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh untuk memutus penularan.

B. Pengertian Lingkungan

    Lingkungan merupakan bagian dari alam yang dapat digambarkan melalui denah atau peta. Lingkungan sekitar kita dapat dibagi menjadi dua yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan, dan lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia. Lingkungan alam contohnya sungai, hutan, danau, gunung, pantai, bukit, dan laut. Lingkungan buatan contohnya kebun, taman, rumah, bendungan, dan pelabuhan. Lingkungan banyak memberikan manfaat. Lingkungan alam dan lingkungan buatan digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberadaan lingkungan tersebut harus disyukuri. Lingkungan juga harus dirawat dan dilestarikan. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekitar.

C. Cara Merawat Lingkungan

    Manfaat yang diberikan alam banyak sekali. Lingkungan merupakan tempat makhluk hidup tinggal. Lingkungan seperti lingkungan alam dan buatan bisa rusak dan hancur. Oleh karena itu, lingkungan harus dipelihara . Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Jagalah Cara merawat lingkungan :
  1. Dengan cara reboisasi ( penanaman Kembali hutan yang gundul )
  2. Membuat terasering ( untuk melandaikan permukaan lereng )
  3. Melestarikan sumber air
  4. Memelihara lingkungan sekolah dan rumah
  5. Memelihara jalan sekitar
  6. Memelihara taman
D. Motivasi belajar di masa Pandemi

    Upaya yang dilakukan dalam pembelajaran khususnya untuk para guru di masa pandemi ini sangat beragam dan setiap guru mempunyai cara masing-masing dalam menyampaikan materi pembelajaran. Meskipun dalam masa pandemi, namun pembelajaran harus tetap di langsungkan meskipun belajar secara daring atau secara online di rumah masing-masing.
    Peran guru disini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan motivasi belajar para siswa agar tetap semangat belajar walaupun dari rumah dan di masa pandemi seperti saat ini. Menumbuhkan motivasi siswa agar semangat belajar tentang mengenal lingkungan sekitar dapat dilakukan dengan cara seperti melakukan pertemuan dengan melalui aplikasi zoom ataupun google meet dari situ guru menyampaikan materi sesuai dengan materi pembelajaran dan sesuai dengan RPP yang dibuat. Dan tidak lupa juga untuk memberikan ice breaking agar siswa tidak jenuh belajar meskipun secara online.
    Materi pembelajaran tentang mengenal lingkungan alam ini juga dapat diberikan contoh dengan melihat lingkungan di sekitar kita seperti jika lingkungan alam yaitu sungai, hutan, danau, gunung, pantai, bukit, dan laut dan jika lingkungan buatan seperti kebun, taman, rumah. Dengan diberikan contoh di sekitar kita, siswa dengan mudah dapat memahami dan bisa membedakan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dapat dilakukan juga dengan cara memberikan gambar dan video contoh dari lingkungan alam dan buatan.

D. Kesimpulan

    Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan, dan lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia. Lingkungan alam contohnya sungai, hutan, danau, gunung, pantai, bukit, dan laut. Lingkungan buatan contohnya kebun, taman, rumah, bendungan, dan pelabuhan. Kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan kita agar tidak rusak dan sebagai upaya untuk bersyukur dengan pemberian tuhan yang maha esa.
    Di masa pandemi ini upaya yang dilakukan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar tentang mengenal lingkungan sekitar kita ini sangat beragam yaitu dengan cara bertatap muka melalui zoom atau google meet dan penyampaian materi dengan cara mengenalkan atau melihat lingkungan sekitar kita contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dan cara lain yang diberikan guru yaitu dengan memberikan gambar dan video contoh dari lingkungan alam dan buatan.

Daftar Pustaka

Dahmiri. 2015. Faktor-faktor yang Memengaruhi Motivasi Kerja Pegawai Kantor Camat Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 4 (2): 56-64.

Widiasworo, Erwin. 2015. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., Mahesa Putra, A., Rahman, H. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1): 28-37.

Ratna, Sukmayani. Ilmu Pengetahuan Sosial 3, 2008.



By: Elma Nurulita Al Haritsah

Belum ada Komentar untuk "Menumbuhkan Motivasi Belajar Tentang Mengenal Lingkungan Sekitar Kita Pada Siswa Kelas 3 MI di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel