Mengisi Kegiatan Disaat Waktu Luang Ketika Menjelang Berbuka Puasa

Mengisi kegiatan disaat waktu luang ketika menjelang berbuka puasa

Mengisi Kegiatan Disaat Waktu Luang Ketika Menjelang Berbuka Puasa

Disaat puasa pasti kita banyak di sibukan dengan hal-hal yang bermanfaat dan juga kadang membuat kita bosan saat pagi tiba di bulan puasa. Seperti sekolah, bekerja, kuliyah dan lain sebagainya. Tetapi disaat  datangnya waktu senjang,  saat  kita  mulai selesai dari hal-hal tersebut, kebanyakan dari kita banyak memikirkan tentang hal itu. Seperti apa yang akan saya lakukan setelah ini, saya akan kemana setelah ini dan lainya.

Nah! Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan saat menunggu datangnya waktu berbuka puasa tiba. Lantas apa saja kegiatan atau hal yang bisa kita lakukan sebagai pengisi waktu luang kita untuk menunggu datangnya maghrib tiba?. Yang pertama yakni bisa kita lakukan dengan jalan-jalan atau saat ini trend nya biasanya di sebut dengan ngabuburit, apasih ngabuburit itu. Ngabuburit yakni kegiatan menghibur diri. Hal tersebut bisa kita lakukan contohnya dengan jalan-jalan sambil membeli takjil atau makanan dan minuman, bisa juga dengan bermain, atau berolahraga dengan teman, bisa juga dengan nongkrong dengan teman atau keluarga dan banyak yang lainnya.

Seiring dengan adanya pandemi covid-19 yang terjadi di indonesia kita juga kadang bingung ingin melakukan kegiatan tersebut di luar rumah. Meski demikian tidak menyurutkan semangat kita untuk berpuasa dan memperbanyak ibadah kepada tuhan yang maha Esa. Meskipun disaat pandemi seperti saat ini, yang alhamdulillah sudah semakin mereda dan semoga cepat menghilang, ini bisa kita lakukan tidak hanya di luar rumah atau pergi jalan-jalan bersama pacar. Akan tetapi ngabuburit juga bisa kita lakukan di rumah seperti, memasak dengan keluarga, bermain game dengan kak atau sanak saudara dan yang lainnya.

Kegiatan ngabuburit ini biasanya hal yang sangat di nanti-nanti oleh orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan seperti saat ini. Apalagi dikalangan anak muda banyak meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut di sore hari, baik itu di lakukan dengan pacar, saudara, keluarga, teman dan lainnya. Karna kegiatan seperti ini jarang di lakukan oleh orang-orang saat hari-hari biasa. Meski hanya di lakukan di bulan ramadhan saja akan tetapi semangat dan semarak para masyarakat saat datangnya waktu ngabuburit tiba tidak pernah reda atau tetap semangat menjalankan kegiatan dengan keadaan berpuasa.

Karna dengan melakukan kegiatan tersebut waktu yang di tunggu-tunggu, yakni datangnya adzan maghrib tidak terasa dengan melakukan kegiatan ngabuburit tersebut. Kemudian yang kedua, kegiatan yang bisa kita lakukan saat mengisi waktu luang saat menunggu datangnya waktu berbuka tiba yakni dengan memperbanyak ibadah. Contoh ibadah yang bisa kita lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa diantaranya bisa kita lakukan dengan berdzikir, melakukan sholat sunnah, bersedekah, membantu orang tua, mendengarkan ceramah atau kajian sore hari, membaca atau menghafal A-Qur’an dan lain sebagainya.

Kegiatan ini mungkin terlihat biasa saja, akan tetapi bagi orang-orang yang faham tentang agama pasti lebih memilih untuk melakukan kegiatan ini untuk mengisi waktu luangnya ketiga menunggu berbuka tiba. Banyak kita temui saat sore hari menjelang maghrib tiba yang melakukan hal ini kebanyakan dilakukan oleh orang-orang tua yang sudah berumur. Karna kebanyakan orang –orang yang berusia lanjut tidak begitu tertarik dengan kegiatan selain dengan beribdah atau lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Karna mereka lebih memntingkan akhirat daripada dunia. Beda halnya dengan anak muda saat ini. Ada juga dari anak-anak, akan tetapi dapat kita hitung seberapa banyak dari mereka yang melakukan hal ini, karna anak muda saat ini lebih mementingkan kesenang dunianya saja daripada akhiratnya.

Ibadah tidak hanya bisa kita lakukan di rumah saja, akan tetapi bisa juga kita lakukan di masjid atau musholah terdekat. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi kita semua. Misalnya dengan mendengarkan kajian di sore hari menjelang berbuka puasa. Kegiatan sangat bermanfaat karna dengan hal ini kita bisa mendapatkan ilmu dan juga bisa berlatih dari materi yang di sampaikan saat kajian tersebut. Bisa juga dengan mengaji atau membaca Al-Qur’an waktu yang kita tunggu tidak akan terasa, rasanya seperti seketika langsung tiba waktu untuk berpuasa. Hal ini mungkin bagi sebagian orang tidak bermanfaat, tetapi sebenarnya banyak manfaat dari hal tersebut baik bermanfaat di dunia maupun di akhirat kelak.

Lalu yang selanjutnya ketika mengisi waktu luang bisa kita isi dengan bersih bersih, baik itu rumah, masjid, mushola atau bersih-bersih alat, dan barang- barang pribadi kita. Contohnya membersihkan rumah, bisa kita lakukan dengan menyapu rumah, mengepel, mengelap kaca dan lainnya. Lalu bisa juga dengan membersihkan barang pribadi seperti mencuci motor, mobil atau alat-alat lain yang biasanya kita gunakan. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi kita. Karna dengan bersihnya rumah maka kuman dan kotoran yang ada dalam rumah menjadi hilang dan kita juga dapat terhindar dari berbagai penyakit saat ini, terutama covid 19. Hal ini banyak di lupakan oleh kebanyakan orang saat datangnya bulan suci ramadhan tiba. Karna kebanyakan orang lebih memilih menghibur diri dengan cara yang lebih seru daripada bersih-bersih. Akan tetapi sebenarnya hal ini juga lebih penting. Karna dengan adanya tempat yang bersih kita dalam menjalankan ibadah di saat ramadhan tiba kita bisa lebih khusyuk dalam beribadah. Jika terdapat lingkungan yang kotor saat kita beribdah itu akan membuat kita tidak khusuyuk dalam beribadah. Dan juga jika lingkungan, tempat kita bersih kita juga saat menjalankan ibadah puasa bisa terhindar dari segala macam penyakit yang mendekati kita.

Kemudian yang keempat bisa kita lakukan dengan bersilaturahmi. Silaturahmi bisa  kita  lakukan baik  ke  teman,  kerabat dekat,  atau keluarga. Bersilaturahmi juga bermanfaat utnuk kita. Karna dengan kita selalu menyambung tali silaturahmi maka keakraban dan juga komunikasi kita yang terjalin semakin erat. Dengan adanya silaturahmi pula kita juga semakin dekat dengan teman dan juga keluarga. Karna silaturahmi juga kita dan teman juga bisa sharing-sharing ilmu dan juga saling bertukar fikiran, apalagi hal ini dilakukan saat menjelang berbuka puasa, hal ini mungkin tambah seru dan juga menarik untuk dilakukan.

Selanjutnya bisa kita lakukan dengan membuat konten di sosial media baik di youtube, tiktok, instagram, facebook, tweeter dan lain sebagainya. Kegiatan ini mungkin menurut sebagian kecil orang memandang kegiatan ini kurang begitu bermanfaat, akan tetapi dengan kita melakukan kegiatan ini banyak hal yang dapat kita peroleh dengan melakukan hal ini. Misalnya kita bisa mendapatkan ilmu atau pemahaman teknologi tentang sosial media yang kita gunakan. Dengan kita semakin dekat, semakin sering memakai sosial media maka banyak pelajaran pula yang akan kita dapatkan dari kegiatan ini. Karna di era saat ini teknologi sudah menjadi hal atau kemampuan yang harus di miliki semua orang saat ini. 

Kemudian dengan kita melakukan kegiatan ini membuat kita semakin “up to date” biasanya anak-anak muda sering menyebutnya. Dan juga karna kita melakukan kegiatan membuat konten melalui sosmed kita juga dapat mengetahui hal-hal populer yang sedang trend atau viral saat ini. Untuk mencari ide membuat suatu karya yang biasanya di sebut dengan konten di sosial media, secara tidak langsung kita akan melakukan meniru hal yang sedang trend saat ini. Lalu dengan kita melakukan kegiatan ini pula kita juga bisa mendaptkan penghasilan tambahan lewat konten atau karya-karya yang kita uploud di sosial media kita. Karna saat ini banyak sekali macam sosial media yang bisa menghasilkan uang untuk kita peroleh. Jika kita sudah memiliki banyak pengikut di sosial media kita, kita juga bisa berkolaborasi dengan berbagai sponsor atau brand ternama dari perusahaan supaya konten yang kita oploud bisa lebih banyak yang berminat dan menonton karya hasil kita dan juga pendapatan yang kita peroleh juga bisa semakin berkembang.

Hal-hal di atas merupakan manfaat dari sosial media. Akan tetapi di sosial media juga terdapat hal-hal negatif didalamnya. Contohnya terdapat berbagai banyak konten-konten pornografi, bisa menjauhkan kita dari orang-orang terdekat kita kemudian banyak link web yang jika kita klik bisa masuk ke akun hacker-hacker yang nantinya jika kita memasukan email pribadi kita, bisa kehack akun-akun sosial media pribadi kita. Kita juga pintar-pintar dan harus berhati-hati dalam memanfaatkan sosial media saat ini. Itulah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan saat mengisi waktu luang ketika menunggu waktu berbuka puasa tiba. Sebenarnya masih banyak juga kegiatan yang dapat kita lakukan, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkanya.

Salam…….! 

By: Maadhin fiyya huk muka

Belum ada Komentar untuk "Mengisi Kegiatan Disaat Waktu Luang Ketika Menjelang Berbuka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel