KONSEP DASAR PEMBELAJARAN IPS SD/MI

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN IPS SD/MI

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN IPS SD/MI

Abstrak

    Belajar merupakan proses perubahan dalam membentuk dan mengarahkan kehidupan manusia. Perubahan itu ditempatkan untuk meningkatkan kualitaS serta kuantitas seseorang. Belajar dapat memberikan perubahan terhadap tingkah laku seseorang sehingga mampu menghadapi situasi yang sulit dengan pengalaman-pengalaman yang sudah mereka lalui. IPS merupakan integrasi dari beberapa cabang ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi budaya, sejarah, geografi, psikologi sosial, ekonomi, ilmu politik. Pembelajaran IPS merupakan suatu pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa sosial terhadap orang lain. Bentuk nyata dari sebuah pembelajaran IPS dapat dirasakan seiring dengan pengalaman yang terjadi baik dalam bentuk pemecahan suatu masalah maupun sikap sosial terhadap masyarakat. Semua itu dapat ditingkatkan dengan pembelajaran, pemahaman dan praktik langsung.

Kata Kunci : konsep dasar pembelajaran IPS SD/MI

    1. Pendahuluan

    Pengetahuan sosial dikenal dengan istilah ilmu sosial atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam bidang pengetahuan sosial. Istilah Ilmu Pengetahuan Sosial sendiri merupakan terjemahan dari istilah Social Studies hal ini telah dikembangkan di negara Amerika Serikat. Ilmu pengetahuan Sosial sendiri bukan bidang keilmuan di bidang akademis, melainkan lebih kepada bidang yang mengkaji gejala sosial yang ada di masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran IPS bersifat disipliner dari bidang keilmuannya masing-masing.
    IPS merupakan integrasi dari beberapa cabang ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi budaya, sejarah, geografi, psikologi sosial, ekonomi, ilmu politik. Kombinasi dari beberapa cabang IPS merupakan hasil penggabungan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Pembelajaran IPS sendiri berkenaan dengan gejala-gejala yang terjadi dalam kehidupan masyarakat bukan hanya teori semata. Berbagai gejala maupun masalah yang terjadi dapat dipecahkan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kesimpulannya IPS merupakan bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bersosial pada setiap individu. Masyarakat dituntut untuk sadar akan pentingnya bersosialisasi. Faktanya kesadaran masyarakat akan pentingnya bersosialisasi sangat rendah. Sikap sosial harus ditanamkan sejak dini agar dapat ditingkatkan seiring bertambahnya usia dan bertambahnya pemahaman akan pentingnya sosialisasi antar masyarakat. Era globalisasi yang terus meningkat menyebabkan lunturnya sikap sosial pada anak SD/MI.

    2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

    Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan gabungan dari berbagai cabang ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah, geografi, politik, hukum, dan budaya. Ilmu pengetahuan sosial di rumuskan atas dasar pengalaman sosial yang terjadi pada kehidupan masyarakat. IPS juga dapat dijadikan sebagai proses perkembangan interaksi sosial yang ada di masyarakat. Secara konsep Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk menumbuhkan sikap sosial dan pembelajaran sosial.
    Pembelajaran IPS di SD mengajarkan dasar-dasar pendidikan ilmu sosial yang bertujuan untuk membentuk sikap peserta didik agar menjadi warga negara yang baik. Pendidikan IPS juga memiliki dasar disiplin ilmu yang diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh peserta didik. Disiplin ilmu pada Pembelajaran IPS dapat juga sebagai pengembangan ilmu sosial peserta didik untuk mencapai tujuan yang tinggi.

    2. Pentingnya Pembelajaran IPS untuk SD/MI
    Pendidikan IPS sangat penting diajarkan di sekolah dasar, karena dengan pembelajaran IPS siswa diharapkan mampu bersosialisasi dengan orang lain. Masa SD/MI merupakan masa emas bagi anak-anak karena pada masa SD/MI mereka dihadapkan pada banyak pilihan baik maupun buruk. Peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa sosial anak-anak. Pembelajaran IPS bertujuan untuk mendidik peserta didik agar mampu memahami dirinya sendiri maupun masyarakat luar. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk dirinya namun bermanfaat juga untuk masyarakat luas, karena dengan memiliki rasa sosial yang tinggi peserta didik mampu menghargai orang lain.
    Pembelajaran IPS diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan efektif pada siswa SD/MI. Strategi pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran IPS adalah strategi pembelajaran (PAKEMI) karena pada strategi pembelajaran ini siswa mampu mengembangkan kreatifitas dan keaktifannya saat kegiatan pembelajaran. Peran guru juga diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan pembelajaran IPS yang menyenangkan serta lebih aktif antara peserta didik dan murid.
    Pembelajaran IPS memerlukan proses baik pada jenjang sekolah dasar maupun pendidikan tinggi. Pada dasarnya pembelajaran IPS harus di berikan perhatian yang serius karena banyak hal kita dapat dari pembelajaran IPS seperti sikap sosial antar masyarakat, peka terhadap orang lain, aktif dalam hal belajar dan masih banyak lagi. Adapun kelemahan dalam pembelajaran IPS dapat digambarkan dengan aktivitas belajar peserta didik yang lebih dominan dalam hal mendengarkan tanpa adanya praktik langsung. Peran guru sendiri sangat disayangkan karena menyebabkan siswa lebih pendiam saat proses pembelajaran hal ini disebabkan karena guru lebih aktif dan dominan.

Daftar Pustaka
Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2013): 98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50.

Sudi Dul Aji. Konsep Dasar Sains. Konsep Dasar Sains, 2019. https://doi.org/10.21067/press.7.7.

Anshori, Shodiq. “KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER” III, no. 2 (2014): 59–76.

Siska, Yulia. Pembelajaran IPS Di SD/MI. 1st ed. Lampung: Garudhawaca, n.d. https://books.google.co.id/books?id=WN9MDwAAQBAJ&dq=pembelajaran+ips+sd+mi&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s.

Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS Di SD. Edited by Irfan Fahmi and Rully. kencana, 2014. https://books.google.co.id/books?id=HBZNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.

Yulia, Siska. Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Edited by Andri Wicaksono. 1st ed. Lampung: Garudhawaca, 2016. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9-klDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pembelajaran+ips+sd+mi&ots=ILcZ6l7_w6&sig=vNG_f0IgDSfBUZ0r4bZEqFo-bk4&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran ips sd mi&f=false.


By: Devi Sakinatus Shofiyah

Belum ada Komentar untuk "KONSEP DASAR PEMBELAJARAN IPS SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel