BAGAIMANA KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

Abstraks

Kegiatan ekonomi di Indonesia pada masa sekarang ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Dalam hal ini, ada jenis dan bentuk usaha di bidang ekonomi. Dan macam kegiatan ekonomi di masyarakat. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan juga kegiatan konsumsi. 

Keyword: Kegiatan ekonomi, jenis dan bentuk usaha di bidang ekonomi

1. PENDAHULUAN

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Itulah yang menjadikan manusia disebut sebagai makhluk sosial. Kebutuhan manusia bermacam-macam. Untuk memenuhi kebutuhan itu, maka manusia dituntut untuk bekerja. 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan. Diantaranya kenampakan alam. Ada wilayah dataran rendah, dataran tinggi dan juga pantai. Kondisi itu yang menyebabkan macam-macam jenis lapangan pekerjaan sesuai dengan keadaan alam sekitarnya. Dalam masa sekarang, di Indonesia telah berkembang pesat dalam bidang ekonomi. Ada jenis dan bentuk usaha di bidang ekonomi serta kegiatan ekonomi itu sendiri. 

2. PEMBAHASAN

        a. Jenis-jenis Usaha di Bidang Ekonomi

Jenis usaha di dalam masyarakat Indonesia ada banyak sekali macamnya, antara lain perikanan, pertanian, perdagangan, perkebunan, peternakan, kegiatan industri dan juga jasa. 

Pertanian adalah salah satu bidang usaha yang menghasilkan bahan pangan. Contohnya ada padi, jagung, kedelai, umbi-umbian, buah-buahan dan sayuran. Kebanyakan penduduk bermata pencaharian sebagai petani, oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai negara agraris. Menurut jenis usahanya, petani dibedakan menjadi petani ladang, petani sawah, petani perkebunan dan petani tambak. 

Kegiatan menyalurkan barang produksi dari produsen ke konsumen bisa disebut dengan perdagangan. Jenis usaha perdagangan ada pedagang sandang, pedagang kaki lima, pedagang perhiasan, pedagang asongan dll. 

Kegiatan usaha memelihara hewan dan menjual hasilnya disebut peternakan. Orang yang pekerjaannya memelihara hewan disebut peternak. Jenis usaha peternakan yakni ada peternak ikan, peternak unggas, peternak hewan besar dan hewan kecil. Orang yang menyukai ikan biasanya membudidayakan ikan. Kegiatan usaha dengan cara memelihara ikan disebut perikanan. Orang yang mencari ikan di laut disebut dengan nelayan. Jasa adalah kegiatan usaha dalam bentuk pelayanan dengan konsumen. Contohnya yaitu rental, dokter, pengacara, perusahaan asuransi, bank dll

        b. Bentuk Usaha Menurut Pemiliknya

Bentuk usaha dalam bidang masyarakat ada yang dikelola sendiri (milik perorangan) dan ada pula yang dikelola secara kelompok (milik bersama). Perusahaan perorangan merupakan usaha yang modalnya dimiliki satu orang dan kegiatan usahanya dijalankan sendiri oleh pemiliknya. Perusahaan milik bersama dinamakan perusahaan persekutuan. Ada beberapa jenis usaha persekutuan.

Persekutuan firma adalah persekutuan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dengan satu nama dan semua anggota bertanggung jawab penuh atas usaha yang telah dijalankan. Persekutuan komanditer (CV) adalah persekutuan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama. Perseroan terbatas (PT) adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang modalnya diperoleh dari penjualan saham yang nilai nominalnya sama besar. Orang yang membeli saham disebut pesero. 

BUMN merupakan usaha yang modalnya berasal dari negara yang bertujuan membangun ekonomi nasional. Pimpinan perusahaan adalah sebagai penentu kebijakan yang juga mengurus kekayaan perusahaan. Badan usaha swasta ialah badan usaha yang didirikan, dimiliki, dimodali, dan dikelola oleh satu atau beberapa orang, biasanya bergerak di bidang perdagangan industri, pertanian, ataupun jasa. Koperasi yaitu badan usaha yang berdasarkan usaha bersama dan berasaskan kekeluargaan. Koperasi berasal dari kata cooperation yang artinya bekerja bersamasama untuk mencapai tujuan bersama.

        c. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan pemenuhan kebutuhan yang dilakukan oleh seseorang untuk keperluan pribadi sebagai makhluk ekonomi, yang mengarah pada usaha manusia dalam bentuk kemampuan, ketrampilan dan keahlian untuk melakukan dan berbuat sesuatu dengan cara yang tepat dan berdayaguna. Dayaguna yang dimaksud adalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.  

Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Yang dimaksud dengan kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang. Orang yang menghasilkan barang disebut dengan produsen. Selanjutnya kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen disebut distributor. Dan yang terakhir, kegiatan konsumsi yaitu kegiatan memakai hasil produksi, baik berupa barang ataupun jasa. Konsumen adalah orang yang memakai hasil produksi.

3. PENUTUP

Kesimpulan 

    Jenis usaha ekonomi diantaranya ada peternakan, perdagangan, perikanan, jasa, dan lain sebagainya. Bentuk usaha dalam bidang masyarakat ada yang dikelola sendiri (milik perorangan) dan ada pula yang dikelola secara kelompok (milik bersama). Usaha persekutuan juga memiliki beberapa jenis, yakni Persekutuan Firma (Fa), Persekutuan Komanditer (CV), Perseroan Terbatas (PT), BUMN, BUMS dan koperasi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ada tiga macam kegiatan ekonomi, yakni kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan juga kegiatan konsumsi. Semua itu dilakukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan dan perekonomian negara.

DAFTAR PUSTAKA

Supriyanto Wibowo. Bentuk Kegiatan Ekonomi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Blumbang Di Dukuh Penambangan Desa Kedawung Kabupaten Kebumen, 2013. https://lib.unnes.ac.id/18063/.

Syamsiyah, Siti, Sri Utami, Sutono, Sri Sadiman, Sutrisno, and Abdul Kharis. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 SD/MI. Edited by Endang Kusyani. Jakarta, 2008.

By: Annisa Fitriani

Belum ada Komentar untuk " BAGAIMANA KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel