Manfaat Pembelajaran Bahasa Bagi Pendidikan Karakter Siswa MI/SD

Manfaat Pembelajaran Bahasa Bagi  Pendidikan Karakter Siswa MI/SD

Manfaat Pembelajaran Bahasa Bagi  Pendidikan Karakter Siswa MI/SD
Pembelajaran bahasa memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya untuk keterampilan berbahasa, melainkan juga untuk kepentingan penguasaan ilmu pengetahuan.  Oleh  karena  itu,  pembelajaran   bahasa  sangat  penting  untuk diajarkan di sekolah-sekolah, terutama pada sekolah dasar. Karena bahasa merupakan cerminan pribadi, karakter, dan pendidikan seseorang. kemudian Mengingat pendidikan di Indonesia saat ini berada pada situasi yang kurang menguntungkan, kondisi ini terjadi karena semakin banyaknya kenyataan tentang lemahnya karakter bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Peran guru dalam upaya pembinaan dan pembelajaran bahasa memegang peranan yang sangat penting, karena gurulah yang menjadi teladan bagi siswa, sebagaimana berbicara dengan baik sesuai karakter yang diharapkan. Dengan begitu pembelajaran bahasa ini perlu dimaksimalkan pengajarannya pada sekolah dasar, karena dengan adanya pembelajaran bahasa memberikan manfaat  pada terbentuknya pendidikan  karakter siswa  di  sekolah dasar.

Manfaat pembelajaran bahasa yang berpengaruh pada pendidikan karakter siswa sekolah dasar yaitu dengan pembelajaran bahasa dapat meningkatkan  harga diri, menumbuhkan   pikiran positif,   meningkatkan   pemahaman   diri, menumbuhkan  keakraban dengan orang lain, dan mampu menemukan kelebihan dan kelemahan diri siswa. Dari manfaat-manfaat pembelajaran bahasa tersebut karakter pada anak usia sekolah dasar dapat mudah terbentuk. Termasuk dalam penguasaan pada pembelajaran bahasa. Dalam penguasaan pembelajaran bahasa memiliki  manfaat  yang  mempengaruhi  terbentuknya  karakter  siswa  sekolah dasar.

Penguasaan dalam pembelajaran bahasa ada dua macam yaitu penguasaan bahasa pasif dan penguasaan bahasa aktif. Dalam penguasaan bahasa pasif, meliputi keterampilan mendengarkan dan keterampilan membaca. Pada kegiatan mendengarkan   akan   mengarahkan   perhatian   siswa   kepada   seseorang yang bersuara atau menangkap pikiran orang yang berbicara dengan pendengaran kita, dengan membiasakan keterampilan mendengarkan akan membentuk karakter setia pada siswa sebagai bentuk menghargai orang lain. Kemudian pada keterampilan membaca, siswa dapat menangkap pikiran orang lain melalui tulisan. Nilai-nilai pendidikan   karakter   yang   terkandung   dalam membaca   pada   pembelajaran bahasa diantaranya   adalah bisa menghargai karya orang lain, kreatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang positif dan lain sebagainya.

Kemudian pada penguasaan bahasa aktif, yaitu meliputi kegiatan bercakap- cakap dan kegiatan mengarang atau menulis. Pada penguasaan bercakap-cakap siswa  akan  melahirkan  perasaan  dan  pikiran  yang  teratur,  bercakap-cakap  ini sering   dikaitkan   dengan   kegiatan   bercerita,   karena   dalam      pembelajaran pengajaran    bercakap-cakap    peserta  didik    yang  lebih  aktif  melakukannya. Dengan  tujuan    melatih    anak  supaya    dapat    melahirkan    perasaan    dan pikirannnya   dengan   teratur secara lisan. Sehingga menumbuhkan karakter keberanian,  kejujuran,  rasional, tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain pada anak. Dan pada kegiatan mengarang atau menulis, siswa akan lebih sering dikenalkan  dengan  membuat  karya  tulis  seperti  membuat  cerita  pengalaman, puisi, dan pantun. Sehingga pada kegiatan mengarang dalam penguasaan bahasa akan menumbuhkan karakter keberanian, kejujuran, kreatif, tanggung jawab pada diri siswa sekolah dasar.

Terselenggaranya  pembelajaran bahasa pada sekolah dasar, memungkinkan menjadi    pengaruh  yang  besar, dari  cerminan  tersebut  perlunya  pengajaran bahasa   dan   kaitannya dengan   pendidikan, dinilai   mampu   memberikan   hal positif  dalam pembentukan  karakter  siswa sekolah dasar  melalui  pendidikan berbasis karakter. Mempelajari dan mengembangkan bahasa dalam pendidikan sangatlah  perlu  ditingkatkan.  Oleh  sebab  itu  sebagai pemerhati pendidikaan mempunyai  peran  penting dalam  menanamkan nilai-nilai  positif serta pembentukan  karakter  siswa sekolah dasar  melalui  pemanfaatan pembelajaran bahasa yang baik di sekolah dasar.

Daftar Pustaka

Saputra, Nanda. “Pembentukan nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah dasar,” t.t., 11.

Sulistiyowati, Eni. “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (26 September 2013). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756.

Wardarita,  Ratu.  “Peran  Pembelajaran  Bahasa  dalam  Pembentukan  Karakter Siswa Sekolah Dasar,” 2020, 6.

By: Reza Rif’iyah

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pembelajaran Bahasa Bagi Pendidikan Karakter Siswa MI/SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel