MANFAAT DAN TUJUAN PEMBALAJARAN BAHASA ANAK

MANFAAT DAN TUJUAN PEMBALAJARAN BAHASA ANAK


Abstrak

Pada kemampuan bahasa anak terdiri dari 4 kompenen yaitu berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Salah satu hal yang terpenting adalah bagi anak untuk berbicara. Karena anak sangat membutuhkan untuk berkomunikasi dengan temannya. Anak mampu  berekspresi melalui proses yang membuat mereka lebih percaya diri. Usia anak sekolah dasar adalah usia dimana untuk mengembangkan suatu kata. Tujuan tersebut anak dapat bersaing di dunia global ketika mereka beranjak dewasa. Pada pembelajaran bahasa pada anak banyak manfaat dan tujuan yang dapat diambil dari sisi baik atau buruk.

Kata Kunci : bahasa, anak, cerita

Pendahuluan

Pembelajaran  bahasa  mempunyai alur sejarah  yang sangat panjang. Dimulai dari pembelajaran bahasa yang dirujuk pada zaman kekaisaran Romawi Kuno. Pada saat itu bangsa Yunani mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam bidang ilmu pengetahuan. Bangsa Romawi mempelajari bahasa Yunani sebagai bahasa kedua. Pembelajaran bahasa dapat dikaitkan dengan  istilah pendekatan, metode, dan teknik. Seluruh konsep metode yang terpisah tidak akan lebih lama menjadi isu sentral dalam pembelajaran bahasa tersebut.

Metode adalah serangkaian perangkat pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran1. Untuk dapat berkomunikasi secara efektif bersama orang lain, anak dituntut untuk mempunyai kemampuan berbahasa. Dalam hal itu, terwujudnya ide – ide, gagasan pemikiran, hal – hal yang disukai dan tidak disukai oleh anak. Pendidikan anak pada dasrnya harus mencakup aspek keilmuan untuk menunjang kehidupan anak.

Pembahasan

Pengertian Bahasa

Meskipun kegiatan berkomunikasi dapat dilakukan dengan alat lain selain bahasa, pada prinsipnya, manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa. Dalam  hal  tertentu,  binatang  dapat melakukan komunikasi dengan sesamanya dengan menggunakan bahasa binatang. Hal yang menjadi bahan pembicaraan di sini bukan bahasa binatang, melainkan bahasa manusia, dan semua kata ”bahasa” pada buku ini mengacu pada ”bahasa manusia”.

Perkembangan Bahasa Pada Anak

Pembelajaran pada anak mempunyai peran yang sangat penting dan strategis. Karena anak merupakan pondasi bagi kepribadian anak untuk berkembang. Teori perkembangan bahasa anak terdapat 3, yaitu: Nativisme, Behaviorisme, dan Kognitivisme. Teori Nativisme berpendapat bahwa pada proses pemerolehan bahasa pertama, anak sedikit demi sedikit membuka kemampuan untuk berbahasa secara genetic. Kemampuan berbahasa pada anak sifatnya sangat natural (bawaan). Teori Behavioristik adalah pemerolehan bahasa pertama dikendalikan oleh anak atau rangsangan yang diberikan pada lingkungan sekitar. Pada teori ini  beranggapan  bahwa  bahasa  merupakan masalah imitasi bagi anak. Ketrampilan dasar berbahasa pada anak melalui pembiasaan dari lingkungannya. 

Teori

Pada dasarnya bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap manusia, khususnya anak. Karena itu tujuan dari pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu supaya  siswa dapat  berkomunikasi  dengan baik.    Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan  sebagai  meningkatkan kemampuan siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis.3 Adapun tujuan umum pada pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan KTSP yaitu : Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, Memahami bahasa Indonesia dan menggunakan dengan tepat dan kreatif untuk mencapai sebuah tujuan, dan lainnya.

Fungsi Bahasa Bagi Anak

Bahasa mengemban tiga fungsi utama, yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, serta fungsi tekstual. Ketiga fungsi ini disebut fungsi metafungsional, dan ketiga fungsi tersebut menunjukkan realitas yang berbeda. Di bawah fungsi ideasional, bahasa juga di gunakan untuk mengungkapkan realitas fisik dan biologis serta berkenaan dengan interpretasi dan representasi untuk pengalaman. Di bawah fungsi interpersonal bahasa digunakan untuk mengungkapkan  realitas  sosial  dan berkenaan dengan interaksi antara penutur, penulis dan pembaca. Di bawah fungsi tekstual, bahasa digunakan untuk mengungkapkan  realitas  semiotis  atau realitas simbol dan berkenaan dengan cara penciptaan teks dalam konteks4.

Manfaat Pembelajaran Bahasa Anak

Ada banyak sekali manfaat pembelajaran bahasa bagi anak SD maupun MI salah satunya adalah pendidikan bahasa mampu membina karakter secara umum maupun bahasa yang dimiliki oleh peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut dapat berupa religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan lain sebagainya. Secara umum peserta didik dapat menikmati serta memanfaatkan bahasa untuk memperluas wawasan hidup serta meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan berbahasa. Secara pribadi peserta didik dapat memiliki hobi atau kegemaran yang bersifat positif seperti membaca dan menulis yang dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap bahasa tersebut.5

Kesimpulan

Pada pembelajaran bahasa pada anak terutama bahasa Indonesia adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan anak berbahasa.  Oleh  karena  itu  bahasa merupakan sarana komunikasi untuk bermasyarakat. Melalui alat ucap manusia pembelajaran bahasa mampu membentuk karakter peeserta didik. Ada banyak sekali manfat dan tujuan bahasa Indonesia. Dengan bahasa juga mampu memiliki nilai – nilai karakter pada diri anak. Nilai tersebut berupa religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan lain sebagainya.

Saran

Sebagai generasi milenial kita sebaiknya meletarikan bahasa terutama pada bahasa Indonesia. Anak wajib di didik mulai dari kecil supaya anak dapat mengenal bahasa. Mengingat manfaat dan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia sangat banyak . 

DAFTAR PUSTAKA

Tarigan, Henry Guntur. 1989. Pengajaran Kompetensi Bahasa Indonesia. (Bandung: Angkasa) Suyadi dan Maulidiya Ulfah, Konsep Dasar PAUD,(Bandung:Rosdakarya,2015),hlm 56

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini; Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. (Jakarta: Kencana, 2014), h.75-76.

Mursyid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, (Bandung:PT Rosdakarya,2015), hlm.9

Helmawati,Mengenal dan memahami PAUD, (Bandung:PT Rosdakarya, 2015), hlm. 85 

By: Rubbiatul Adawiyah

Belum ada Komentar untuk "MANFAAT DAN TUJUAN PEMBALAJARAN BAHASA ANAK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel