BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR?...

MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR?...


Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia sangatlah penting bagi kita semua terutama warga negara Indonesia. Banyaknya Bahasa suku dan budaya dalam negara kita banyak juga Bahasa yang lahir di dalamnya oleh karena itu Bahasa Indonesia menjadi Bahasa persatuan Indonesia. Banyak manfaat yang akan kita dapat dalam pembelajaran ini  baik sebagai kecintaan kita terhadap Indonesia maupun sebgaia peningkatan pengetahua kita. Terutama untuk anak yang menginjak sekolah dasar sangat baik untuk membelajarai pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci : Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Manfaat, Sekolah Dasar

Pendahuluan

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar pendidikan di semua jenis jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar khususnya sekolah dasar (SD) yaitu  mempercepat  penguasaan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  karena  bahasa  Indonesia merupakan sarana berpikir untuk menumbuh kembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis.

Pembelajaran Bahasa

Pada hakikatnya Pembelajaran Bahasa adalah belajar komunikasi, maksunya yaitu pembelajaran Bahasa yang mengarah pada peningkatan kemampuan dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulis. Pembelajaran bahasa pada awalnya dimulai pada zaman Kekaisaran Romawi Kuno. Pada saat itu Yunani mengalami kemajuan pesat di bidang ilmu pengetahuan, tetapi Kekaisaran Romawi masih tertinggal dalam ilmu akademik. Berikut adalah sejarah dari Pembelajaran Bahasa,

1)  Metode Grammar Translation

Menyewa guru privat atau tutor untuk mengajarkan Bahasa Yunani. Pada awalnya pembelajaran ini bersifat terbatas khusus untuk orang istana saja. Pembelajarannya dengan cara menghafal kosa kata dan kata yang sering diucapkan.

2)  Abad ke – 17


Seorang  pendidik  Cekoslovakia yang  Bernama  M.  Jhon  Amos Comesius  mengkritik metode gramatikal. Ia berpendapat bahwa dengan cara menghafal kosa kata adalah tindakan yang sia-sia.

3)  Abad ke – 19

Pada abad ini Metode Grammar Translation di kembangkan di negara Eropa. Gerakan ini menciptakan pengembangan beberapa metode baru dalam pembelajaran Bahasa sampai sat ini.

4)  Awal abad ke – 20

Setelah terjadi perkembangan dalam metode sebelumnya pada awal abad ke - 20 menjadi Direct Method yaitu mengajarkan Bahasa asing dengan menggunakan peraga (gambar)

5)  Pertengahan abad ke – 20

Dalam abad ini pembelajaran bahasa berkembang lagi menjadi Audiolingual Method yaitu pembelajaran bahasa yang mementingkan pada pemahaman mendengarkan, berbicara dan menulis. Setelah ini banyak metode – metode yang tercipta dalam pembelajaran Bahasa.

Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Pembelajaran adalah kegiatan untuk mengajarkan sesuatu dengan tujuan agar dapat di mengeri oleh peserta didik. Pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu suatu kegiatan yang mengajarkan cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik dengan lisan maupun tulisan dengan. Pembelajaran ini diajarkan mulai dari sekolah dasar samapi perguruan tinggi. Banyak teori yang di ajar kan dalam Pembelajaran Indonesia. Dan terdapat tahapan juga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mulai dari kelas rendah (kelas 1, 2, 3) , kelas tinggi (4,5,6)

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pastinya memiliki tujuan yang ingin di capai antara lain sebagai berikut,

  1. Dapat berkomunikasi dengan baik dan benar
  2. Dapat menghargai Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan
  3. Dapat memahami memahami Bahasa Indonesia dengan tepat
  4. Dapat memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan berbahasa, dll

Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar

Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak Sekolah Dasar memiliki beberapa manfaat yaitu:

  1. Sebagai sarana untuk pembinaan persatuan maupun kesatuan bangsa
  2. Sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk pelestarian serta pengembangan budaya
  3. Sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  4. Sebagai sarana pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dll

Kesimpulan

Pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting bagi semua warga indonesia terutama untuk anak sekolah dasar. Banyak manfaat yang ada dalam mempelajari pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya dengan mempelajarai pembelajaran Bahasa Indonesia dapat mencerminkan  kita sebagai warga negara yang baik yaitu dengan cara dapat berbahasa Indonesia dengan tepat. Karena Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu kita. 

Daftar Pustaka

Ahmad Subhan, “Teori Pembelajaran Bahasa” (Yogyakarta : Garudhawaca, 2016).

Ummul Khair, “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI”, Jurnal Pendidikan Dasar vol.2, no 1, (Bengkulu : AR-RIAYAH, 2018).

By: Nur Afidatul Amaliyah 

Belum ada Komentar untuk "BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR?..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel