BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK SD/MI

BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK SD/MI

Abstrak

Bahasa  telah  menjadi  alat  komunikasi  bagi  manusia  sejak ratusan juta tahun yang lalu. Hal tersebut merupakan penyebab mengapa pembelajaran bahasa sangat penting. Sejarah memberikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan atau bahasa nasional. Pembelajaran  bahasa  merupakan  proses  pembelajaran  yang melibatkan peserta didik untuk mempelajari bahasa dengan efektif dan efisien. Belajar bahasa sama dengan belajar berkomunikasi yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Kompetensi pembelajaran bahasa terdiri dari 4 yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan mendengarkan. Tujuan diadakannya pembelajaran bahasa dan sastra agar peserta didik dapat menghargai dan membanggakan bahasa sebagai bahasa persatuan atau bahasa negara. Peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa guna meningkatkan kemampuan intelektual, mengontrol emosional, serta sosial masyarakat.

Kata Kunci: Bahasa, Pembelajaran Bahasa, dan Manfaat

PENDAHULUAN

Sesuai dengan UU Republik Indonesia   No.   20   Tahun   2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang  menyatakan  bahwa “pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk memiliki kemampuan di bidang spiritual kegamaan, pengendalian diri, karakter, kepandaian, akhlak yang mulia, serta keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.” Pendidikan    merupakan perilaku dan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan utama dalam bertahan hidup  serta  meningkatkan mutu kehidupan agar lebih bernilai.

Pembelajaran   bahasa Indonesia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam pembelajaran bahasa orang tua dan guru merupakan peran utama dalam meningkatkan  kemampuan berbahasa peserta didik. Pembelajaran Bahasa bagi anak SD/MI  memiliki  manfaat  yang sangat banyak bagi peserta didik khususnya di usia dasar.

Pengertian Bahasa 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahasa merupakan lambang bunyi yang digunakan oleh masyarakat guna bekerja sama, melakukan  interaksi  sosial.  Selain itu, bahasa juga merupakan alat komunikasi yang terstruktur dengan bagian satuan kata; kelompok kata; klausa; serta kalimat yang diungkapkan secara verbal maupun non verbal. Bahasa     merupakan     sarana komunikasi antar individu masyarakat yang dihasilkan melalui alat  ucap  manusia.  Pengertian bahasa dibagi menjadi dua bagian yaitu  vokal  yang  diproduksi  oleh alat ucap yang mengandung arti atau makna bersifat tersirat dalam vokal itu  sendiri.  Yang  kedua  memiliki arti dan makna sesuai yang terkandung dalam vokal yang diucapkan memicu reaksi terhadap hal yang kita lihat dan kita dengar. Selain menjadi alat penyampaian pesan dan nilai budaya seperti saat ini, bahasa juga digunakan sebagai alat warisan budaya. Dalam artian budaya selaku pola  hidup  yang  bersifat menyeluruh; kompleks; abstrak; dan luas.

Seorang peserta didik harus mampu memiliki empat elemen keterampilan yang terdiri dari mendengar,  berbicara,  membaca, dan menulis. Pandangan masyarakat tentang  keterampilan  bahasa semakin kompleks dan semakin menyadari bahwa bahasa sangat penting  untuk  dikuasai.  Jadi,  arti dari bahasa ialah sarana berkomunikasi antar individu atau masyarakat yang mengandung arti atau makna yang bersifat tersirat dengan penyampaian verbal maupun non verbal.

Peranan Bahasa

Seperti yang tercantum pada salah satu ikrar Sumpah Pemuda pada   tanggal   28   Oktober   1928 bahwa “Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia” jadi, telah menjadi kewajiban untuk generasi penerus bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi bahasa Nasional milik kita. Peranan bahasa terdiri dari lambang kebanggaan bangsa  bagaimana  bisa? Dikarenakan bahasa merupakan cerminan dari nilai sosial budaya yang melandasi rasa nasionalisme yang ada pada diri kita. Melalui bahasa nasional, sebuah bangsa menyatakan harga diri dan nilai budaya menjadi keyakinan hidup. Lambang identitas nasional, peran lain dari bahasa tentu memiliki identitas tersendiri berbeda dengan bahasa  lain.  Seperti  contohnya bahasa Indonesia yang dapat menyubtitusi identitas sendiri bila masyarakat indonesia menggunakan, membina, serta mengembangkan sedemikian rupa hingga bersih dari unsur bahasa asing atau bahasa yang tidak diperlukan. Alat hubung antar daerah   dan   budaya,   selain   itu bahasa  juga  memiliki  peranan sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau emosi yang tengah dihadapi. Selain peranan yang telah dijabarkan di atas bahasa juga memiliki peranan sebagai alat pemersatu suku bangsa dengan konteks sosial budaya serta bahasa masing-masing dalam satuan bangsa Indonesia.  Dalam  konteksi  ini bahasa tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja namun menjadi balasan antar masyarakat luas yang latar belakang, sosial budaya, dan bahasanya sama dengan kita.6

Pembelajaran Bahasa

Pendidikan  adalah  bagian yang telah terkonsolidasi dalam pembangunan nasional. Proses pendidikan tentunya tidak bisa dipisahkan  dari  proses pembangunan yang memiliki tujuan guna  mengembangkan  SDM (Sumber Daya Manusia)    yang bermutu.  Sesuai  dengan  UU Republik  Indonesia  No.  2  Tahun 1989 Bab I pasal I yang menyatakan bahwa “Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik dengan kegiatan bimbingan, pembelajaran, atau latihan bagi peranan di masa depan.” Pembelajaran dalam Kamus Besar  Bahasa  Indonesia  memiliki arti yaitu proses menjadikan belajar. Dalam arti lain pembelajaran merupakan proses memengaruhi peserta didik agar cakap menyesuaikan dan mengontrol diri dengan baik di lingkungan mereka tinggal.

Pembelajaran     bahasa     juga mampu membentuk karakter peserta didik. Pembelajaran mengarah pada pengembangan  karakter  peserta didik secara utuh yang berlandaskan pada suatu nilai. Dalam kegiatan belajar terdapat kegiatan penguatan sebagai  usaha  guna  melapisi karakter anak. Pembelajaran dapat berfungsi dengan optimal apabila suatu pengalaman secara relatif menghasilkan perubahan yang bersifat  permanan  dalam pengetahuan maupun  tingkah  laku. Pembelajaran bahasa merupakan pengorganisasian peserta didik guna meraih  tujuan  pembelajaran. Adapun konteks yang membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dapat dengan sekaligus menjadi pendidikan karakter terdiri dari  kondisi  yang  berhubungan antara pembicara dengan pendengar; kondisi yang menghubungkan antara tempat dan waktu; kondiis yang menghubungkan topik pembicaraan; kondisi  yang  menghubungkan saluran komunikasi yang digunakan seperti  tulisan,  lisan,  isyarat,  dan lain-lain; berhubungan dengan kode yang digunakan di dalam proses komunikasi;   menghubungkan bentuk  pesan  dan  isi; menghubungka peristiwa yang memiliki sifat  khusus;  dan  kondisi yang menghubungkan nada  berbicara, serius, sinis, marah, dan lain sebagainya. Selain itu esensi pembelajaran Bahasa sendiri merupakan proses belajar   mengajar  dan   memahami serta mengutarakan gagasan, perasaan,   pesan,   informasi, data, serta pengetahuan guna komunikasi sehari-hari dalam bentuk verbal atau non verbal. Proses berpikir secara optimal sudah menjadi sebuah keharusan dalam pembelajaran bahasa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun peserta didik.

Pembelajaran     bahasa     bagi peserta didik usia sekolah dasar khususnya peserta didik yang duduk di  kelas  rendah  biasanya  bisa dimulai dari bahasa ibu. Kegunaan mempelajari bahasa ibu agar anak lebih mudah untuk menyampaikan apa yang ia inginkan. Peserta didik diharapkan cakap dalam menggunakan  bahasa  Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan gagasan yang ada dalam pikirannya baik secara lisan maupun tertulis. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sangat penting bagi peserta didik di usia dasar. Pembelajaran bahasa tidak hanya dilakukan dengan verbal saja non verbal juga bisa. Selain itu bahasa sebagai alat untuk mengutarakan gagasan atau perasaan yang sedang dialami  oleh  peserta  didik.  Maka dari itu untuk penerapan pembelajaran berbahasa di kelas rendah harus dimulai dari mempelajari bahasa ibu terlebih dahulu barulah di kelas tinggi bisa dilanjutkan dengan pembelajaran bahasa sesuai   dengan   Kurikulum 2013 yang telah dibuat sedemikian rupa oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Manfaat Pembelajaran Bahasa bagi Anak SD/MI 

Ada banyak sekali manfaat pembelajaran bahasa bagi anak SD maupun MI salah satunya adalah pendidikan bahasa mampu membina karakter secara umum maupun bahasa yang dimiliki oleh peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut dapat berupa religius, jujur, disiplin, kerja  keras,  kreatif,  mandiri,  dan lain sebagainya. Secara umum peserta didik dapat menikmati serta memanfaatkan bahasa untuk memperluas wawasan hidup serta meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan berbahasa. Secara pribadi peserta didik dapat memiliki hobi  atau kegemaran  yang bersifat positif seperti membaca dan menulis yang dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap bahasa tersebut.

Pembelajaran     bahasa     bagi anak SD/MI juga bermanfaat bagi peserta    didik untuk    mengenali dirinya sendiri. Seperti contohnya anak  diajarkan  untuk  membuat jurnal atau tulisan harian buku diary, maka  anak  akan  berusaha meluapkan  apa  yang  sedang dirasakan sehingga anak dapat mengerti  bagaimana  sifat kepribadian yang ada pada dirinya. Selain itu bahasa sebagai tanda pengenalan budaya, dengan adanya bahasa peserta didik akan mengerti bahwa bahasa persatuan bangsa Indonesia merupakan bahasa Indonesia sehingga anak akan melestarikan   bahasa   yang diwariskan oleh bangsanya. Dengan bahasa pula anak dapat mengungkapkan  ide  atau  gagasan atau  perasaan  yang  sedang  ia rasakan atau yang sedang ia pikirkan. Selanjutnya adalah   peserta   didik dapat menggunakan kemampuan analisis   dan   imajinasi yang   ada dalam dirinya. Hal tersebut bisa dituangkan baik melalui tulisan atau melalui lisan saja.

Menumbuhkan cinta tanah air dan rasa ingin melestarikan bahasa persatuan bangsanya yaitu bahasa Indonesia. Dengan adanya bahasa peserta didik dapat memudahkan komunikasi antar individu. Maka tidak akan ada miss komunikasi dalam   berinteraksi   dengan   orang lain. Menambah pengetahuan, ilmu, serta wawasan bagi peserta didik yang menguasai bahasa. Banyak bahasa di dunia ini yang dapat kita pelajari.  Dengan  mempelajari bahasa  sama  saja  dengan mempelajari negara tersebut. Seperti halnya  bahasa  Inggris,  dengan peserta didik mempelajari bahasa Inggris, maka secara mudah peserta didik   dapat memahami   apa   saja yang ada di negara tersebut. Pembelajaran     bahasa     juga memiliki manfaat untuk mengembangkan serta menanamkan perasaan bahwa satu bangsa satu bahasa yaitu bahasa Indonesia. Membangkitkan kemampuan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulisan. Meningkatkan keterampilan dalam memahami dan menikmati keindahan   bahasa baik   dari   segi lisan maupun tulisan.

Kesimpulan

Pembelajaran    bahasa Indonesia   merupakan   salah   satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh  peserta  didik.  Bahasa merupakan sarana komunikasi antar individu masyarakat yang dihasilkan melalui alat ucap manusia. Pembelajaran bahasa mampu membentuk karakter peserta didik. Pembelajaran mengarah pada pengembangan  karakter  peserta didik secara utuh yang berlandaskan pada suatu nilai. Ada banyak sekali manfaat pembelajaran bahasa bagi anak SD maupun MI salah satunya adalah pendidikan bahasa mampu membina karakter secara umum maupun  bahasa  yang dimiliki  oleh peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut dapat berupa religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan lain sebagainya.

Saran 

Sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya kita melestarikan  bahasa  persatuan bahasa Indonesia. Peserta didik haruslah dididik sejak dini untuk belajar bahasa. Terutama untuk anak usia dasar memahami bahasa ibu. Mengingat manfaat pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI sangat banyak, maka seorang guru harus pandai untuk merencanakan pembelajaran  Bahasa  Indonesia yang menarik untuk peserta didik. 

DAFTAR PUSTAKA

David Moeljadi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020.

Hanifah, Umi. “PENERAPAN MODEL PAIKEM Dengan MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BAHASA Dalam PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 2016, 301–30.

Humaira, Desni. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III Di SLB Sabiluna Pariaman.” E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 1, no. 3 (2012): 95–109. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/766/634.

Kusumawati,  Tri  indah.  “Peranan  Bahasa  Indonesia  Dalam  Era  Globalisasi.” Nizhamiyah VIII, no. 2 (2018): 68–77.

Rina Devianty. “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan.” Jurnal Tarbiyah 24, no. 2 (2017): 226–45.

Riwan Putri Bintari, Ni Luh Gede, I Nyoman Sudiana, and Ida Bagus Putrayasa. “Pembelajaran    Bahasa    Indonesia    Berdasarkan    Pendekatan    Saintifik (  Problem  Based  Learning )  Sesuai  Kurikulum  2013  Di  Kelas Vii  Smp Negeri 2 Amlapura.” E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3, no. 1 (2014): 1–10.

Rosmaya, Elin. “Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Di SMP.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5, no. 1 (January 31, 2018): 111. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999.

Sulistiyowati, Eni. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013): 311–30. Susanti,  Dewi Indah. “Peranan Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya,” no. 1 (2015): 365–78.

Syairi,   Khairi   Abu.   “Pembelajaran   Bahasa   Dengan   Pendekatan   Budaya.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013): 174–88.

Unnes, F B S. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ict Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Lembaran Ilmu Kependidikan 38, no. 1 (2009): 59–67. 

By: Syiva Fatimatus Azzahra

Belum ada Komentar untuk "BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel