BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA...?

BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA...?
Abstrak : Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada  hakekatnya  merupakan proses pembelajaran  bagi peserta didik  mengenai keterampilan  dalam  berbahasa  Indonesia  yang  baik  dan benar sesuai dengan tujuan dan juga fungsinya. Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dalam mempelajari Bahasa Indonesia, diantaranya yaitu: makin mencintai tanah air, mengetahui nilai luhur budaya Indonesia, dapat melestarikan Bahasa Indonesia, dapat menggali bakat dan juga kreativitas, mampu mengasah kepekaan dan penalaran, dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia,  Manfaat  Pembelajaran Bahasa Indonesia

PENDAHULUAN

Pembelajaran bahasa mempunyai peran yang sangat penting, selain untuk membina keterampilan komunikasi, juga untuk menguasai ilmu pengetahuan. Penggunaan bahasa dengan sopan santun, lemah lembut, jelas, sistematis, teratur, dan lugas dapat mencerminkan pribadi yang baik dan berpendidikan. Sebaliknya, apabila penggunaan bahasa dengan kasar, mencaci maki, menghina, menghujat, maka mencerminkan pribadi yang tidak berbudi dan tidak  berpendidikan.   Di Sekolah Dasar (SD), pendidikan bahasa memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk karakter dan pengetahuan anak. Karena pembelajaran bahasa di SD diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan juga karakter siswa. Dengan adanya   pembelajaran   bahasa,   diharapkan   siswa   dapat   mengenal   dirinya, budayanya  dan  juga  budaya  orang  lain,  serta  diharapkan  dapat  membentuk karakter  anak  yang  lemah  lembut,  ramah,  memiliki  sikap  nasionalisme  dan mampu menghargai orang lain.

PEMBAHASAN

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang  diajarkan  di  Sekolah  Dasar  (SD).  Hal  ini  dilakukan  karena  bahasa merupakan alat komunikasi antar sesama manusia.3  Pembelajaran Bahasa Indonesia pada hakekatnya merupakan proses pembelajaran bagi peserta didik mengenai keterampilan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan tujuan dan juga fungsinya. Menurut pendapat Atmazaki, bahwa mata pelajaran Bahasa   Indonesia memiliki tujuan, yaitu agar peserta didik dapat memiliki  kemampuan  dalam  berkomunikasi  dengan  baik  sesuai  etika  yang berlaku,   baik   secara   lisan   maupun   tulis,   menghargai   dan   juga   bangga menggunakan bahasa Indonesia, dan memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat. Pembelajaran    Bahasa    Indonesia    merupakan mata    pelajaran    yang berhubungan dengan kompetensi berbicara, membaca, dan juga menulis. Pembelajaran  Bahasa  Indonesia  di  Sekolah  Dasar  (SD)  menuntut  siswa  agar memahami konteks bacaan, agar memiliki kemampuan berliterasi, kemampuan menulis dan kemampuan berbicara sesuai dengan kaidah dan juga ejaan yang berlaku.

Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ada  beberapa  manfaat  yang  dapat  kita  dapatkan  setelah  belajar  Bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Makin mencintai tanah air. Salah satu manfaat mempelajari Bahasa Indonesia yaitu menumbuhkan sikap mencintai tanah air kita yaitu Negara Indonesia.
  2. Mengetahui   nilai   luhur   budaya   Indonesia.   Ada   beberapa   unsur-unsur kebudayaan, salah satunya yaitu bahasa. Karena kosakata dalam bahasa mencerminkan budaya dari suatu bangsa.
  3. Dapat melestarikan Bahasa Indonesia. Manfaat lain dari mempelajari bahasa yaitu dapat melestarikan bahasa yang kita pelajari. Karena apabila tidak kita pelajari, abahasa itu akan punah.
  4. Dapat menggali bakat dan juga kreativitas. Ketika belajar Bahasa Indonesia, terdapat bberapa ketarampilan yang dikuasai. Hal ini secara tidak  langsung akan mengasah kreativitas kita.
  5. Mampu mengasah kepekaan dan penalaran. Ketika kita mempelajari Bahasa Indonesia, khususnya ketika mempelajari teks, kepekaan kita akan terasah secara otomatis. Karena pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah lebih memfokuskan pada pemahaman daripada penguasaan kosakata.
  6. Dapat   berkomunikasi  dengan   baik.   Salah   satu   manfaat   belajar   Bahasa Indonesia  yang  lain  yaitu  dapat  mengetahui  bagaimana  cara  berkomunikas yang baik. Dalam kaidah penyusunan kalimat efektif, kita dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.


PENUTUP

Kesimpulan

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang   diajarkan   di Sekolah   Dasar   (SD).   Pembelajaran   Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan kompetensi berbicara, membaca, dan juga menulis. Kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak ketika kita mempelajari Bahasa Indonesia. Saran Jurnal ini sangat jauh dari kata sempurna. Utuk itu, kami sebagai penulis sangat mengharapkan saran dan   masukan dari pembaca sebagai perbaikan ke depannya.

DAFTAR PUSTAKA

Farhrohman, Oman, ‘Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI', Primary, 9.1 (2017), 24

Jessica, ‘Merasa Tidak Mengerti Manfaat Belajar Bahasa Indonesia? Setidaknya 6 Hal  Ini  Adalah  Jawabannya’, 2017 <https://www.educenter.id/manfaat- belajar-bahasa-indonesia/>

Khair, Ummul, ‘Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI’, Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2.1 (2018), 23

Rahmat, Acep Saipul, ‘Games Book Sebagai Media Peningkatan Minat Baca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tingi’,  Indonesian  Journal of Primary Education, 1.1 (2017), 29

Ratu  Wardalita,  Harlina,  ‘Peran  Pembelajaran Bahasa  Dalam  Pembentukan Krakter Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Bindo Sastra, 4.1 (2020), 63–64 

By: Ning Fitria Maghfiroh

Belum ada Komentar untuk "BAGAIMANA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA...?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel