APA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI?,...

 

APA MANFAAT PEMBELAJARAN  BAHASA INDONESIA DI SD/MI?,...

Abstrak

Tujuan Penilitian ini untuk mendiskripsikan  Manfaat pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Hasil dari Penilitian ini di harapkan bisa menjadi referensi bagi guru ataupun yang lainya agar dapat memahami  betapa  pentingnya  pembelajaran  ba hasa  Indonesia  di SD/MI. Penilitian ini menggunakan metode library atau studi kepustakaan. Hasil penilitian ini adalah manfaat pembelajaran  bagi SD/MI Pembelajaran  bahasa Indonesia  di sekolah SD/MI Untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi  dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Serta mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi  dalam masyarakat  yang menggunakan  bahasa  tersebut  dan menemukan  serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

Kata Kunci : Manfaat, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar/MI

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah suatu  hal yang tidak bisa di lepas dari kehidupan manusia. Mengapa sebegitu pentingnya Pendidikan?. Karna dengan adanya Pendidikan manusia akan  mendapatkan  Ilmu  Pengatahuan  , yang mana Ilmu Pengetahuan tersebut sangat penting bagi manusia karna akan mencetak bangsa dan generasi Indonesia yang berwawasan luas serta Berilmu  yang dapat bersaing di erah Global. Begitupun dengan Pendidikan Bahasa , Pendidikan Bahasa adalah pusat dari sebuah infromasi yang tersampaikan dengan baik. Bahasa di dalam kajian liguistik memiliki peran yang sentral dalam perkembangan bahasa.

Bahasa  Indonesia  sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Melayu yang seiring berjalannya waktu berkembang dengan sendirinya. Selain Itu Bahasa Indonesia Merupakan bahasa resmi di Indonesia. Bahasa Resmi adalah bahasa yang digunakan dalam komunikasi resmi seperti Undangan dll. Pada hal ini bahasa Indonesia harus di ajarkan dengan kaidah, tertib dan masuk akal. Belajar Bahasa Indonesia adalah saran  yang  penting  bagi  kita  agar  dapat mengakses pengetahuan. Untuk itu dalam belajar bahasa indonesia harus memiliki kemahiran dalam berkomunikasi baik secara lisan.

Berdasarkan posisi tersebut pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting. Terutama di kalangan pelajar SD/MI yang mana di dalam kelas tersebut anak-anak  di tahap  yang  berkembang. Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang harus di ajarkan   di jenjang sekolah dasar. Bahasa adalah sistem lambung bunyi yang dihasilkan oleh alat pengucap (Artikulasi ) yang memiliki sifat wewenang dan konvensional (Melalui kesapakatan ) yang  dipakai  sebagai  alat  komunikasi di dalam pikiran itu sendiri. Selian itu bahasa Indonesia sendiri sebagai alat Komunikasi bangsa Indonesia yang nasional. Dalam hal ini dapat disimpulkan mengapa Pembelajaran  Bahasa Indonesia sangat Penting untuk di ajarkan ke semua jenjang pendidikan. Terutama di jenjang SD/MI karna merupakan dasar dari semua mata pelajaran.

METODE PENILITIAN

Penilitian ini menggunakan metode library     research     atau     kepustakaan. Kepustakaan adalah kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data, membaca,  mencatat serta mengolah data. Penilitian ini bertujuan untuk mengkaji Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI . Kajian ini diambil dari naskah naskah atau buku yang relevan sesuai topik yang di ambil. Data yang  digunakan  berasal dari data sekunder yaitu Jurnal, Artikel ilmiah, teksbook, dan literature review yang berisikan tentang konsep yang sedang dikaji. Serta sumber data yang lainya yang di anggap releven oleh peniliti atau kajian pembelajaran bahasa   Indonesia   adalah dasar dari semua pembelajaran. Yang menentukan keberhasilan peserta didik di semua pembelajaran. Dengan berjalanya waktu pendidik membiasakan peserta didik menggunakan bahasa Indonesia. agar siswa dapat mengemukan pendapat dan berpartipasi dalam masyaarakat. Di dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI terdiri dari 4 keterampilan  yaitu,  Keterampilan membaca, Menulis,Menyimak, dan berbicara. Ke empat keterampilan tersebut 5 yang di teliti.

PEMBAHASAN

Pembelajaran    Bahasa    Indonesia    Di Sekolah Dasar: Pembelajaran  bahasa Indonesia di Sekolah dasar dalam kurikulum 2013 di ajarkan  secara terpadu dengan pembelajaran yang lain yang di kemas secara rapi dan menarik di dalam buku Tematik Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya di kelas rendah bisa dimulai dengan bahasa ibu, agar dapat tersampaikan dengan mudah ke peserta dididk.     Hal     ini     dilakukan     karna di kemas dengan pembelajaran yang lain.

Fungsi      Pembelajaran      bahasa indonesia secara umum adalah :

  1. Menanamkan dan membangun dan mengembangkan  perasaan  satu nusa , satu bangsa. Dan satu bahasa
  2. Membangun dan  mengembangkan kecakapan  berbahasa  Indonesia lisan dan tulisan
  3. Membangun dan  mengembangkan kecakapan berpikir dinamis, rasional, dan praktis
  4. Membangun dan  mengembangkan keterampilan    untuk    memahami, mengungkapkan dan menikmati keindahan bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan.

Selain Fungsi , adapun Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia Secara umum yaitu :

  1. Siswa      menghargai      dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai sarana dan alat pemersatu bangsa.
  2. Siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segala segi baik makna, bentuk, dan fungsi serta menggunakanya dengan tepat dan kreatif dan bermacam macam tujuan sesuai dengan keadaan dan keperluan
  3. Siswa memiliki kemampuan bahasa penngunaan bahasa Indonesia seperti kemampuan emosional dan kemampuan sosial
  4. Siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis )
  5. Siswa mampu menikmati karya sastra dan memanfaatkanya untuk   pengembangan kehidupan serta memperluas wawasan dan meningkat kemampuan Pengetahuan.
  6. Siswa dapat menghargai dan membanggakan karya sastra Indonesia sebagai budaya.

Selain itu, tujuan umum dari pembelajaran     Bahasa adalah memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial dan  emosional  siswa  dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Dengan pembelajaran Bahasa memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi,  saling betukar pengalaman, saling belajar dari yang lain dan untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan kesetaraan merupakan salah satu sarana untuk menuju pemahaman tersebut

Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak SD/MI

Di lihat  dari tujuan umum yang sudah di paparkan dapat di artikan tujuan pembelajaran bahasa indonesia bagi anak SD/MI adalah sebagai  upaya  guru  untuk mengubah perilaku siswa dalam berbahasa Indonesia. Menurut Akhdiah dkk (1991 ) Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi anak SD/MI :

  1. Peserta   didik   Lulus   SD/MI diharapkan menggunakan bahasa Indonesia secara benar
  2. Peserta   didik   Lulus   SD/MI diharapkan  dapat  mengahyati bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Penggunaan     Bahasa     Indonesia harus sesuai
  4. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia harus sesuai dengan tingkat pengalaman siswa SD.

Pada No 1 dan 2 merupakan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia menurut tujuan Ranah Kognitif dan Afektif. Di No 03 menunjukkan tujuan pendekatan komunikatif. Dan di butir No 4 merupakan tingkat kesulitan materi yang di ajarkan.

Adapun Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI di bagi menjadi 2 yaitu :

  1. Secara umum, agar siswa dapat menikmati dan memanfaatkan bahasa dan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  2. Secara  khusus,  agar  siswa memiliki kegemaran  membaca dan        menulis, untuk meningkatkan kepribadian, mempertajam kepekaan, kepedulian, menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia itu sendiri.

Dapat di simpulkan Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah SD/MI Untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Serta mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut  dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

SIMPULAN

Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki tujuan dan manfaat yang sangat penting . Tujuan   Pembelajaran bahasa indonesia bagi anak SD/MI di  bagi  menjadi  2   yaitu  secara umum dan khusus: 1. Secara    umum    Siswa    dapat menikmati dan memanfaatkan bahasa dan karya sastra, 2. Secara    Khusus    agar    siswa memiliki kegemaran untuk membaca, menulis dan meningkat kepribadian dan menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab. Dapat di simpulkan Pembelajaran  bahasa Indonesia di sekolah SD/MI  Untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Serta mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat

SARAN

Pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI harus terus dilakukan karna Pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting di jenjang Pendidikan. Karna pembelajaran Bahasa Indonesia adalah dasar dari semua mata Pelajaran . 

DAFTAR PUSTAKA

Ivantri, Rohma. (2021 ). “Model Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD “ Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. Vol 01 No 2 Maret 2021. Hal

Oktaviani, Rafika Elsa & Nursalam ( 2020 ) “ Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI  Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 7 No 01 Mei

Harlina, Ratu Wardarita, (2020) “PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN  KARAKTER  SISWA SEKOLAH DASAR “ Jurnal Bindo Sastra. Vol 4 No 1

Hidayah, Nurul (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER    DALAM PEMBELAJARAN  BAHASA INDONESIA  DI SEKOLAH DASAR “Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 02.No 02 Desember

Akhdiah,dkk (1991 ) “ Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia “ TK. Erlangga

By: Talita Dwi Rahma


Belum ada Komentar untuk "APA MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI?,..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel