Bagaimana Penerapan Informasi Teknologi dalam PEMBELAJARAN IPS?

PENERAPAN IT DALAM PEMBELAJARAN IPS

Bagaimana Penerapan Informasi Teknologi  dalam PEMBELAJARAN IPS?


Teknologi sangat berperan penting bagi kehidupan manusia, entah itu terikat dalam sebuah bidang akademisi ataupun privasi dari setiap individu. Zaman berubah dengan menghasilkan berbagai inovasi-inovasi yang menunjang setiap kegiatan manusia. Semua itu memang tidak jauh dari tangan manusia yang mahir sekali dalam menerapkan teknologi. Pada intinya inovasi berbasis teknologi dapat menimbulkan pro dan contra dilihat dari berbagai sudut pandang atau kaca mata yang berbeda. Alangkah lebih baik jika hal positifnya dapat disaring dan negatifnya dievaluasi khususnya untuk kelangsungan hidup manusia dalam menempuh pendidikan baik formal ataupun non formal.

Pendidikan pun ternyata sudah mengalami berbagai macam perubahan khususnya dalam proses pembelajaran yang dianggap sudah semakin menarik karena pemanfaatan teknologi. Singkatnya dapat ditarik dalam satu garis lurus bahwa pembelajaran saat ini sudah masuk pada tahap based technologi (berbasis teknologi). Pembelajaran berbasis teknologi ini dapat diartikan dalam proses pembelajaran setiap lembaga pendidikan dan peserta didik harus mempunyai perangkat atau media yang mengandung unsur teknologi guna tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi yang perlu diketahui adalah teknologi ini belum semua dapat diterima dan diikuti oleh masyarakat karena ada beberapa hal yang menjadikan sebuah hambatan bagi masyarakat tertentu.

Pembelajaran berbasis teknologi dilhat dari beberapa aspek ternyata memang menunjang bagi tercapainya tujuan pendidikan. Dilihat dari aspek efektif dan efisiensi memang teknologi ini sudah sesuai. Misalnya dalam pembelajaran yang monoton dengan hadirnya teknologi maka pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan juga menimbulkan konsentrasi pada siswa (dengan media proyektor, tidak hanya papan tulis). Kemudian dalam proses pembelajarannya juga dapat memudahkan seorang guru saat penyampaian materi dengan bantuan media proyektor dan saat ini sudah marak berbagai macam aplikasi yang dapat membantu proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. 

Dilihat juga dari aspek pemberian tugas, dengan teknologi guru dan siswa akan terbantu khususnya dalam pencarian materi dari berbagai sumber di internet atau saat pengolahan dengan Microsoft Office atau aplikasi lainnya yang masih relevan, dan juga saat pengiriman yang menggunakan via e-mail. Meskipun jarak jauh terasa namun masih ada tali yang tidak terlihat sebagai penopang pengiriman sebuah tugas. Tidak sedikit orang-orang yang pintar dan kreatif hasil dari pembelajaran yang berbasis teknologi, karena hasilnya dapat membuat kita berada pada posisi sejajar atau mengimbangi perkembangan zaman dan bersaing dengan dunia luar.

Namun, ada sebuah jendela yang dapat kita lihat bahwa di dalamnya masih terdapat keresahan dan kebimbangan. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa teknologi ini tidak semua pihak dapat menerima ataupun mengikuti khususnya dalam proses pembelajaran. Di daerah terpencil pemanfaatan media dalam proses pembelajaran tanpa basis teknologi pun masih kurang, mereka masih memanfaatkan sarana dan prasarana seadanya yang penting pembelajaran tetap berjalan. Sebetulnya inilah yang harus dikritisi dan diberi tindakan evakuasi, dalam arti diberikan dana bantuan minimal berbentuk barang yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tidak dapat dimungkiri bahwa memang faktor ekonomi yang menjadi hambatan mereka, namun yang patut diacungi jempol adalah semangat guru dan siswa dalam mendidik dan menempuh pendidikan.

Besebrangan dengan jendela yang tadi, ternyata masih ada jendela yang perlu sudut pandang kita sebagai seseorang yang bergelut dalam dunia pendidikan. Di sebuah sekolah di Jawa Barat sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi pada siswa SD yang mengharuskan masing-masing peserta didik mempunyai laptop atau note book. Sebetulnya tidak salah jika kita mencari-cari apa keuntungannya dan apa kerugiannya. Dalam hal ini memang pembelajaran berbasis teknologi telah diterapkan dan itu akan menjadi keuntungan yang bagus bagi anak usia dini tersebut yang sudah mengenal tentang Teknologi dan juga pengoperasian berbagai aplikasi. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah dari segi usianya. Anak SD akan cenderung mengunduh dan terfokus pada permainan dan yang ditakutkan lagi adalah mengoperasikan berbagai aplikasi seperti FB, Twitter, dll. yang justru dikhawatirkan akan kecanduan, sehingga fungsi pembelajaran berbasis teknologi tersebut tidak berfungsi secara optimal. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh guru dan orangtua sebagai penunjang pola pikir dan perilaku anak (siswa). 

Berdasarkan argumentasi dan sudut pandang dari jendela-jendela yang terbuka di atas, pembelajaran berbasis teknologi sebetulnya sangat bagus bagi perkembangan dan inovasi pembelajaran serta tercapainya tujuan pembelajaran. Namun, ternyata teknologi belum semua merata dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya di daerah-daerah tertentu dan karena faktor ekonomi. Kemudian juga perlu ditanggapi mengenai penerapan teknologi pada usia sekolah dasar yang memunculkan banyak kekhawatiran. Inilah peran kita sebagai akademisi yang tidak hanya mengikuti perkembangan namun juga memiliki sudut pandang yang menghasilkan argumentasi dan kritik membangun demi terciptanya tujuan pembelajaran dan pendidikan serta menjadikan generasi bangsa Indonesia menjadi generasi emas, berkarakter, dan mampu berdaya saing dengan dunia luar. Pengguna teknologi haruslah bijak dalam pemanfaatannya karena teknologi dapat menunjang perkembangan pendidikan di Indonesia. Semua hal yang diciptakan tentu tidak sempurna, maka dari itu bukan kuasa kita menghakimi mana yang baik dan mana yang salah, namun kuasa kita untuk memberikan sudut pandang dengan kritikan yang membangun demi tercapainya segala kebaikan dan kebenaran.

Memasuki era revolusi 4.0, kemajuan teknologi informasi semakin berkembang pesat dan memberikan keuntungan bagi segala bidang kehidupan salah satunya dalam bidang pendidikan. Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi sistem pembelajaran yang semula bersifat monoton, saat ini mulai beranjak munuju pembelajaran yang lebih aktif dan canggih. Adanya teknologi informasi dapat membebaskan siswa untuk mencari sumber ilmu pengetahuan sosial seluas- luasnya. Meskipun pendidik merupakan sumber belajar bagi peserta didik, namun tidak menutup kemungkinan peserta didik dapat mengakses dan mengeksplor materi secara mandiri melalui internet. Hal itu harus didukung dengan jaringan internet yang memadai serta perlengkapan digital yang lengkap.

Keberadaan teknologi menjadi pemicu manusia untuk berkreasi dengan menciptakan hal- hal yang inovatif. Salah satunya teknologi dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Pada zaman sekarang teknologi menjadi media pembelajaran yang tepat untuk terus belajar, berlatih, berkomentar, berkolaborasi dan berinovasi. Hal itu sebagai wujud dari perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang secara efektif antargenerasi di era milenial sehingga mereka dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan inovatif. Selain itu, pendidikan juga menginginkan adanya peningkatan kualitas  pembelajaran pada pelajaran IPS karena akan mempermudah interaksi antarpeserta didik maupun pendidik serta tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Meskipun sudah banyak yang menerapkan media pembelajaran berbasis e-learning, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam melaksanakan proses pembelajaran tersebut, salah satunya kurangnya pemenuhan fasilitas dari masing-masing peserta didik terutama yang berada di daerah pelosok yang masih terkendala jaringan ataupun kurangnya ketersediaan peralatan digital. Selain itu, minimnya kemampuan peserta didik dalam mengakses materi melalui e-learning. Hal itu akan menjadi kekurangan jika tidak segera diatasi, oleh karena itu sebagai pendidik perlu memberikan petunjuk kepada peserta didik serta memperhatikan fasilitas secara optimal dalam memilih media pembelajaran yang tepat.

By: Putri Regina Meiliyasari

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Penerapan Informasi Teknologi dalam PEMBELAJARAN IPS?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel