PENTINGKAH SEJARAH ISLAM DALAM PENDIDIKAAN ANAK DI USIA DINI

Pentingkah Sejarah Islam Dalam Pendidikaan Anak Di Usia Dini

PENTINGKAH SEJARAH ISLAM DALAM PENDIDIKAAN ANAK DI USIA DINI

Dalam era globalisasi yang sangat cepat berkembang dan informasi yang cepat menyebar ini, seharusnya para orangtua lebih memperhatikan dan harus lebih pintar dalam memilih pendidikan yang baik untuk sang anak. Salah satu pendidikan yang paling penting ditanamkan pada anak adalah pendidikan agama Islam karena sangat
berperan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian yang baik bagi anak. karena mengingat banyaknya kasus yang terjadi pada anak  kemerosotan moral dan akhlak yang tidak baik. Dalam Hal ini peran orang tua sangat penting untuk mengajarkan dan menanamkan moral dan akhlak yang baik dalam pembentukan karakter dan kepribadian yang baik bagi seorang anak.

 Di hidup ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya sejarah. Dari sejarahnya manusia ada sampai saat ini. Dari sejarah itu jugalah, umat islam tahu tentang ilmu yang baik. Perjalanan yang dilakukan oleh umat terdahulu, membuat islam bisa dikenal oleh banyak orang dan diimani oleh banyak orang. Dari sejarah ini jugalah kita bisa tahu mana akhlak yang harus kita teladani. Dalam hidup kita harus memiliki pegangan hidup. Dengan begitu manusia bisa hidup dengan nyaman dan teratur.

Kapan itu terjadi, dan bagaimana situasi yang terjadi saat itu, lalu bagaimana islam ada sampai dengan saat ini? Maka tak ada cara lain kecuali kita membaca sejarah secara lengkap, sehingga kita mengetahui dimana letak peristiwa-peristiwa itu dalam rangkaian sejarah Islam.

Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa khususnya bagi pendidikan di madrasah. Bagaimana tidak ? dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, baik guru maupun siswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka guna meraih kejayaan dan kemuliaan dunia dan akhirat.

Sejarah menurut bahasa adalah riwayat atau kisah., dan sejarah menurut istilah adalah proses perjuangan manusia untuk mencapai penghidupan kemanusiaan yang lebih sempurna dan sebagai ilmu yang berusaha mewariskan pengetahuan tentang masa lalu suatu masyarakat tertentu. Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu budhayyahyang merupakan bentuk jamak dari buddi(budi atau akal). Budi mempunyai arti akal, kelakuan dan norma. Sedangkan “daya” berati hasil karya cipta manusia. Dengan demikian, kebudayaan adalah semua hasil karya, karsa dan cipta manusia di masyarakat.

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan atau peradaban Islam dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam sejarah di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad Saw hingga masa modern ini, termasuk masyarakat Islam di Indonesia. Dalam kata lain, Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Islam dari masa lampau hingga masa kini.

Sejarah Kebudayaan Islam adalah sekumpulan kejadian atau peristiwa penting dari tokoh muslim masa lampau. Dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik dapet memperoleh peljaran yang berharga dari pelajalanan dari seprang tokoh atau generasi zaman dahulu. Peserta didik juga dapat meneladani sifat-sifat yang baik dari para tokoh-tokoh islam terdahulu.

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan pembelajran yang sangat penting bagi siswa MI karena mata pelajaran ini merupakan salah satu pelajaran yang dapat menanamkan karakter keislaman dalam diri seorang anak. Sejarah Kebudayaan Islam juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai disiplin ilmu yang mandiri. Sejarah menuntut ketekunan dan keahlian orang yang mempelari dan mengembangkannya. Jadi mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam sejak dini itu sangatlah penting, karena diusia dasarlah mereka harus menumbuhkan karakter dan kebudayaan keislaman, sehingga tidak salah arah dalam mengikuti gaya hidup atau budaya lain pada era globalisasi. Karena kebanyakan kebudayaan islam sudah mulai pudar seiring berjalannya zaman.

Manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam diantaranya adalah:

  1. Merasa bangga dan mencintai kebudayaan Islam yang merupakan buah karya kaum Muslimin masa lalu.
  2. Berpartisipasi memelihara peninggalan-penbinggalan masa lalu dengan cara mempelajari dan mengambil manfaat dari peninggalan-peninggalan tersebut.
  3. Meneladani perilaku yang baik dari tokoh-tokoh terdahulu.
  4. Mengambil pelajaran dari berbagai keberhasilan dan kegagalan masa lalu.
  5. Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih umat terdahulu.

Dalam hidup ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya sejarah. Dari sejarahnya manusia ada sampai saat ini. Dari sejarah itu jugalah, umat islam tahu tentang ilmu yang baik. Perjalanan yang dilakukan oleh umat terdahulu, membuat islam bisa dikenal oleh banyak orang dan diimani oleh banyak orang. Dari sejarah ini jugalah kita bisa tahu mana akhlak yang harus kita teladani. Dalam hidup kita harus memiliki pegangan hidup. Dengan begitu manusia bisa hidup dengan nyaman dan teratur.

By: Alfi Rahma Nazila

Belum ada Komentar untuk "PENTINGKAH SEJARAH ISLAM DALAM PENDIDIKAAN ANAK DI USIA DINI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel