PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK SD/MI

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK SD/MI

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK SD/MI


Abstrak:  Bahasa  adalah  kebutuhan  setiap  manusia.  Bahasa adalah  salah  satu  unsur  dan  simbol  manusia  dalam berkomunikasi.  Dengan  bahasa,  manusia  dapat  menyampaikan dan menerima pesan, baik untuk dirinya maupun orang lain. Bahasa   merupakan   alat   dalam   berinteraksi   dengan   sesama. Bahasa kaitannya erat dengan budaya suatu masyarakat. Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan kepada siswa agar melatih keterampilan berbahasa dengan menuangkan ide atau gagasan secara kreatif, inofatif, dan kritis.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Pembelajaran

Pendahuluan

Bahasa Indonesaia merupakan bahasa persatuan negara Indonesia. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebangsaan Indonesia, identitas nasional, sebagai alat penghubung antar warga masyarakat yang berbeda latar belakang sosial  dan  budaya,  serta  sebagai  alat  pemersatu  suku,  budaya  dan  bahasa  di nusantara.  Kedudukan  dan  fungsi  bahasa  Indonesia  sangat  penting. Bahasa Indonesia merupakan sebuah mata pelajaran yang mengajarkan siswa untuk berkomunikasi secara baik dan benar. Dalam berkomunikasi dapat dilakukan melalui lisan maupun tulisan.

Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan di sekolah berfungsi dalam membantu tumbuh dan kembangnya peserta didik ke arah yang positif. Maka ketika di sekolah, cara belajar siswa diarahkan dan tidak dibiarkan tanpa adanya tujuan. Melalui sistem pembelajaran di sekolah, anak melakukan kegiatan belajar sesuai tujuan yang jelas, dengan harapan terjadi perubahan positif pada anak. Di Indonesia, pendidikan formal dibagi menjadi beberapa jenjang yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar adalah pendidikan yang menjadi dasar acuan sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bahasa Indonesia merupakan  salah satu mata pelajaran  yang dipelajari mulai kelas 1 hingga 6 di sekolah dasar. Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar  komunikasi.  Pembelajaran  bahasa  Indonesia  diarahkan  untuk meningkatkan kemampuan berkomuniasi siswa.2  Pembelajaran bahasa Indonesia dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa di lingkungannya, tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga mampu menyerap berbagai  nilai  dan  pengetahuan  yang ia pelajari.  Dengan  bahasa,  siswa dapat mempelajari nilai moral dan sosial yang ada di lingkungan masyarakat.

Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI

Pada UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 butir 20 menyebutkan bahwa pengertian pembelajaran sebagai suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki ruang lingkup yang mencakup komponen berbahasa, berikut ini adalah aspek-aspeknya:

1.   Mendengarkan

Aspek mendengarkan dapat berupa mendengarkan petunjuk, pengumuman, bunyi atau suara, berita, lagu, ceramah, pidato, percakapan, atau mendengar perintah  dengan  memberikan  respon  secara tepat  dan  berekspresi  melalui kegiatan  mendengarkan  hasil  sastra  seperti  dongeng,  cerita  rakyat,  cerita fabel, puisi anak, dan menonton drama anak.

2.   Berbicara

Aspek berbicara yaitu mengungkapkan ide atau gagasan, berdialog, menyampaikan sambutan, pesan, menceritakan pengalaman diri sendiri, keluarga, sahabat, dan menceritakan gambar serta kegiatan sehari-hari.

3.   Membaca

Aspek membaca seperti membaca huruf, kata, kalimat, paragraf, membaca teks bacaan, tata tertib, pengumuman, kamus, serta mengekspresikan melalui kegiatan membaca hasil sastra, contohnya cerita rakyat dan cerita dongeng.

4.   Menulis

Aspek menulis meliputi karangan naratif dan normatif dengan tulisan yang rapi  dan  jelas,  memperhatikan  tujuan  dan  ragam  dari  pembaca, memperhatikan ejaan dan tanda baca, serta berekspresi melalui kegiatan menulis hasil sastra seperti puisi dan cerita pendek.

Terdapat  beberapa  tahapan  kemampuan  berbahasa  yang  dimiliki  anak yaitu sebagai berikut:

1.   Tahap pralinguistik, pada tahap ini anak masih belum mampu menghasilkan bunyi-bunyi yang bermakna. Bunyi yang mereka hasilkan seperti tangisan dan celotehan sebagai sarana untuk melatih gerak artikulasitorisnya hingga ia mampu mengucapkan kata-kata yang bermakna.

2.   Tahap satu-kata, pada tahap ini anak mampu menggunakan ujaran kata-kata. Satu kata tersebut mampu mewakili ide dan tuturan yang lengkap.

3.   Tahap dua-kata, pada tahap ini anak sudah mampu menggunakan dua kata dalam penuturannya.

4. Tahap banyak-kata, pada tahap ini anak sudah mampu bertutur kata menggunakan tiga kata atau lebih menggunakan gramatika yang lebih baik.

Keterampilan menyimak  dalam pembelajaran bahasa merupakan proses menerima pesan yang disampaikan orang lain. Kegiatan menyimak terdiri atas tahap menerima rangsangan secara lisan, memusatkan perhatian dan memahami makna yang telah disampaikan. Selanjutnya, keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa merupakan suatu proses penyampaian pesan secara tertulis kepada pihak lain. Kegiatan menulis terdiri atas tahap pra penulisan, menulis, dan pasca penulisan. Sedangkan keterampilan membaca, merupakan kegiatan memaknai secara terus menerus berdasarkan teks karangan yang telah tersaji.

Fungsi dan Tujuan Pembelajaran bahasa Indonesia di SD

1.  Sebagai sarana pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa.

2.  Sebagai saran dalam peningkatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa   Indonesia   dalam   rangka   melestarikan   dan   mengembangkan budaya.

3. Sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka meraih dan pengembangan ilmu pengetahuan, IT dan seni.

4. Sebagai sarana dalam menyebarluaskan pemakaian bahasa Indonesia dalam berbagai keperluan.

5.  Sebagai sarana mengembangkan nalar.

Karakteristik Siswa SD/MI

Dalam pendidikan anak untuk usia SD/MI, guru harus mengetahui karakteristik pada setiap anak agar guru dapat membina siswa dengan baik dan benar. Terdapat beberapa karakteristik siswa yang perlu diperhatikan, meliputi:5

1. Karakteristiristik  berkenaan  dengan  kemampuan  awal  yaitu  intelektual, kemampuan berpikir, dan berkaitan dengan psikomotor.

2.  Karakteristik berhubungan dengan latar belakang dan status sosial kultural.

3. Karakteristik berkenaan dengan perbedaan kepribadian, seperti sikap, minat, dll.

Pembelajaran bahasa Indonesia

Implementasi dari tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu disajikan menggunkan pendekatan berbasis teks. Teks yang disajikan dapat berupa teks tertulis maupun teks lisan. Pembelajaran bahasa Indonesia tidak sekedar memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi juga mengetahui makna atau bagaimana memilih diksi yang tepat sesuai dengan tatanan budaya masyarakat pemakainya.

Mahsun   menyatakan   bahwa   dalam   pembelajaran   bahasa   ada   dua komponen yang harus dipelajari yaitu meliputi masalah makna dan bentuk. Unsur keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentukan bahasa. Dalam hal ini, guru harus menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang akan dibentuk dalam bahasa yaitu kemampuan berpikir sistematis, empiris, terkontrol dan kritis. Kemampuan berpikir  tersebut  secara  stipulatif    disebut  dengan  berpikir  metodologis yang hanya dapat dicapai melalui pembelajaran teks berdasarkan pendekatan saintifik.

Kesimpulan

Bahasa Indonesaia merupakan bahasa persatuan negara Indonesia. Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan di sekolah berfungsi dalam membantu tumbuh dan kembangnya peserta didik ke arah yang positif. Pembelajaran   bahasa   Indonesia   memiliki   ruang   lingkup yang   mencakup komponen berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Fungsi dan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai sarana pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa, sebagai saran dalam peningkatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia dalam  rangka melestarikan dan mengembangkan budaya, dll. Dalam pendidikan anak untuk usia SD/MI, guru harus mengetahui karakteristik pada setiap anak agar guru dapat membina siswa dengan baik dan benar. Implementasi dari tujuan mata pelajaran bahasa  Indonesia  yaitu  disajikan  menggunkan  pendekatan  berbasis  teks.  Teks yang disajikan dapat berupa teks tertulis maupun teks lisan.

Daftar Pustaka

Hidayah, Nurul. 2015. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran bahasa  Indonesia di  Sekolah  Dasar”.  Jurnal  Pendidikan  dan  Sekolah Dasar. Vol.2 N0.2.

Laily,  Indah  Faridah.  “Pendekatan  Komunikatif  dalam  Pembelajaran  bahasa Indonesia di SD/MI”.

Departemen Agama RI. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. (Jakarta: Depag RI, 2006).

Farhrohman,  Oman.  2017.  “Implementasi  Pembelajaran  bahasa  Indonesia  di SD/MI”. Primary. Vol.9 No.1.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda karya.

Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 


By: Lailatul Hidayah

Belum ada Komentar untuk "PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel