MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA GAMBAR SERI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA GAMBAR SERI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA GAMBAR SERI


Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian hal ini mencakup semua cara untuk berkomunikasi misalnya mengungkapkan isi pikiran dan apa yang dirasakan dari sebuah lambang atau simbol yang menggunakan antara lain yaitu lisan, tulisan, isyarat, bilangan, lukisan, serta ekspresi wajah1. Untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, manusia dituntut untuk mempunyai kemampuan berbahasa2. Ada empat komponen dalam kemampuan berbahasa, antara lain yaitu kemampuan berbicara, kemampuan menulis, kemampuan mendengar serta kemampuan membaca3. Hal yang paling penting bagi anak adalah kemampuan berbicara, karena berbicara memberikan manfaat yang sangat besar, salah satunya anak-anak dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang lain disekitarnya serta dapat menambah pengetahuan baru. Kemampuan berbahasa pada anak dimulai dari usia 3 sampai 4 tahun yang umumnya menggunakan kalimat tersusun dengan baik dan sudah sesuai dengan aturan tata bahasa. Anak- anak mulai menggunakan kata ganti orang yang kurang lebih seperti saya, kamu, dan dia secara benar.

Mereka juga tahu paling kurang dua kata depan, biasanya di atas dan di bawah. Mereka akan menggunakan sebuah bahasa untuk mengungkapkan pendapat dan sebagai bentuk kebutuhannya. Maka dari itu, perkembangan bahasa sangat perlu dirangsangkan sejak dini. Yang paling efektif dilakukan dalam kemampuan berbahasa adalah sebuah kemampuan berbicara. Yang mana merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa adalah dengan melalui cerita bergambar pada buku cerita seri, karena dengan media buku tersebut anak-anak akan merasakan senang dalam mendengarkan berbagai cerita yang dapat  meningkatkan  mereka  dengan  kosa  kata.  Kecerdasan  bahasa  dapat  menunjukkan kecerdasan logika berfikir seorang anak. Jika dia bisa berbahasa / berbicara dengan bagus dan lancar, niscaya logika berfikirnya akan bagus. Pandai berbahasa berarti tidak hanya cukup dengan menguasai berbagai bahasa, melainkan anak tersebut sudah mempunyai kemampuan dalam mengolah bahasa.

“Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Buku Cerita Gambar Seri”. Diharapkan anak dapat mengembangkan bahasa aktif dan pasifnya, bahasa pasif dikembangkan ketika anak menyimak deskripsi benda yang disampaikan oleh pendidik, bahasa aktif berkembang saat anak mencoba menjawab pertanyaan yang disampaikan. Sehingga kemampuan berbahasa anak dapat meningkat dengan baik setelah menggunakan media gambar seri. Karena media buku cerita gambar seri merupakan media yang unik, dengan menggabungkan gambar yang satu dengan gambar yang lainnya dalam bentuk yang kreatif, media yang sanggup menarik perhatian semua orang terutama pada anak-anak pada berbagai usia, karena mempunyai kelebihan yang menonjol, yaitu sangat mudah dipahami.

Kemampuan berbahasa merupakan kesanggupan, kecakapan, kekayaan ucapan pikiran dan perasaan manusia melalui bunyi yang arbiter, digunakan untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam percakapan yang baik. Dan Kemampuan berbahasa adalah kemampuan anak dalam mengolah kata, atau kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis. Anak yang mempunyai kemampuan ini berarti mampu berargumentasi meyakinkan lawan bicaranya, menghibur atau bahkan mengajarkan melalui kata – kata yang diucapkannya. Perkembangan kemampuan berbahasa anak terjadi dengan baik dalam  suasana dimana orang  yang  penting  (significant)  bagi  anak  memiliki  pemahaman tentang emosi pada anak itu, maupun emosinya sendiri. Peran media gambar seri selain sebagai media pendidikan adalah untuk menyampaikan cerita kepada anak didik. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, mengasah imajinasi anak, mengasah kecerdasan emosional, mengembangkan aspek sosial, mengembangkan aspek moral, menumbuhkan semangat berprestasi, melatih konsentrasi anak.

DAFTAR PUSTAKA

Deiniatur,Much. PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR, Elementary Vol. 3 Edisi Juli-Desember 2017

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada 


By: Lifia Ma’rifatussholichah

Belum ada Komentar untuk "MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BUKU CERITA GAMBAR SERI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel