MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK ANAK

MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK ANAK

MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK ANAK


Abstrak :   Salah satu keahlian yang hanya dimiliki manusia adalah bahasa. Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam proses interaksi, dan merupakan alat komunikasi yang utama. Ada empat macam ketrampilan untuk memperoleh bahasa yang bisa dilakukan melalui, ketrampilan membaca, menulis, meyimak dan berbica. Bahasa itu sudah diperoleh sejak anak lahir, kemudian bisa dikembangakan dalam kehidupan sehari salah satunya saat melaksanakan jenjang pendidikan. Dengan itu pembelajaran Bahasa memiliki peranan penting untuk mengembangkan potensi siswa dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis.

Keyword : Bahasa, Pembelajaran

Pendahuluan

Belajar adalah suatu proses yang komplek yang terjadi oleh setiap manusia. Proses belajar akan terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dan lingkunganya, belajar dapat terjadi   kapan saja dan dimana saja. Begitu juga dalam belajar pemerolehan Bahasa dapat kita  peroleh dimana saja dan kapan saja. Bahasa adalah yang mendasar untuk membedakan manusia dan binatang diciptakannya bahsa ialah untuk berinteraksi antara manusia satu dengan manusia yang lain, Bahasa sebagai lambing bunyi, symbol, untuk berkomunikasi. Komunikasi tersebut dari susunan kata yang dirangkai membentuk kalimat dan wacana baik yang nantinya disampaikan secara lisan maupun tertulis. Bahasa yang dimiliki manusia itu selalu berkembang dan tidak pernah berhenti dikarenakan adanya belajar Bahasa yang tanpa kita sadari kita itu melakukannya.

Belajar  Bahasa  itu  dapat  lebih  mudah  apabila  Bahasa  tersebut  disajikan  secara

keseluruhan, nyata fungsiaonal, dan relevan , Bahasa juga bersifat personal yang artinya anak menggunakannya karena kebtuhan untuk bertanya dan menyatakan pertanyaan tersebut sesuai peraturan yang ada di masyarakat, Bahasa juga bersifat arbirter, yang artinya bagasa digunakan masyarakat untuk berinteraksi, kerjasama, maupun mengidentifikasikan diri.  perkembangan Bahasa juga sangat berperan dalam membangun kekuatan anak.

Pembelajaran Bahasa

Dalam proses pembelajarana bahasa setidaknaya akan melibatkan tiga disiplin ilmu yaitu linguistik, psikologi, dan pedagogi (Ilmu Pendidikan). Dalam aspek linguistik yaitu memberi informasi kepada peserta didik mengenai Bahasa secata umum dan mengenai Bahasa Bahasa tertentu. Dalam aspek psikoligi yaitu menguraikan bagaimana orang belajar sesuatu, dan dalam aspek pedagogi (pendidikan) yaitu memungkinkan pendidikan orang untuk merapu semua keterangan dari aspek linguistik dan psikologi menjadi satu pendekatan, metode, dan teknik yang sesuai serta dipakai dalam rangka untuk memudahkan proses belajar Bahasa.3  Pemerolehan Bahasa itu dapat diperoleh dari mana saja, pembelajaran Bahasa dalam prosesya akan melibatkan beberapa faktor yaitu guru pengajaran Bahasa, metode pengajaran Bahasa, metode pengajaran Bahasa, dan materi pelajaran dari faktor tesebut akan dapat memudahkan peserta didik dalam proses belajar Bahasa.

Manfaat Pembelajaran Bahasa bagi Anak

Pembelajaran Bahasa berpengaruh terhadap pekembangan pengetahuan anak, memudahkan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi, menyampaikan suatu pendapat bahkan untuk menyelesaikan masalah, dengan pembelajaran Bahasa anak akan mengerti tata cara berbahasa yang baik dan benar, memudahkan anak untuk menyampaikan  sesuatu dengan  jelas, dengan  mengajarakan  Bahasa kepada anak dengan sesuai kaidah akan membuka jalan bagi anak untuk memasuki dunia ilmu pengetahuan. Manfaat pembelajaran Bahasa bagi anak juga dapat untuk memudahkan anak untuk mampu mengungkapkan segala apa yang dirasakan kepada orang lain, dan anak juga dapat mengekspresikan pikiran dan pengetahuan bila ia senga mengadakan hubungan dengan orang lain. pembelajaran Bahasa juga membantu peserta didik untuk lebih mengenal dirinya budayanya sendiri maupun budaya orang lain, dan juga memiliki manfaat untuk penguasaan kompetensi dan performansi komunikatif.

DAFTAR PUSTAKA

Deniatur, Much, ‘PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR’, Elementary, 3 (2017), 191

Riyanti, Asih, Teori Belajar Bahasa (Magelang: Tidar Media, 2020)

Wicaksono, Andri, and Dkk, Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat) (Yogyakarta: Garudhawa, 2015)

Yendra, Mengenal Ilmu Bahasa Linguistik (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018)


By: Isna Nurul Azizah 


Belum ada Komentar untuk "MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK ANAK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel