PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA POWER POINT SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS

PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA POWER POINT SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS

PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA POWER POINT SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi makin pesat. Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan orang dapat berkomunikasi dengan cepat dimanapun mereka berada, komunikasi dapat terjadi antara orang satu dengan orang lain, antara negara satu dengan negara lain. Dengan demikian maka arus informasi akan makin cepat mengalir, maka orang yang menguasai informasi dialah yang akan menguasai dunia. Fenomena tersebut mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satu diantaranya adalah bidang pendidikan. Untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan (Herijanto, 2012). 

Agar proses pembelajaran berhasil salah satunya guru harus menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik akan belajar serta dapat menumbuhkan minat belajar di dalam diri siswa untuk terus belajar. Media sebagai salah satu komponen yang harus diciptakan dalam proses pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah terangsang pemikirannya serta minatnya.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang menyangkut software dan hardware yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi ajar dari sumber belajar ke pembelajaran (individu/kelompok), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajaran sedemikian rupa sehingga proses belajar (di dalam/di luar kelas) menjadi lebih efektif (Elpira, 2015). Banyaknya media pembelajaran yang bisa dikatakan menarik salah satunya yaitu media power point. Dimana media power point merupakan salah satu media elektronik yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. 

Microsoft powerpoint merupakan aplikasi software yang dapat digunakan untuk menyampaikanmateri berupa tulisan, gambar bentuk, foto, anekawarna dan jenis tulisan, fitur hyperlink, audio, video,dan animasi. Powerpoint merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan poin-poin pokok dari materi yang kita sampaikan dengan fitur-fituryang menarik. Berbagai fitur yang dapat digunakan pada media powerpoint menjadikan media ini mampu mengakomodir berbagai jenis gaya belajar siswa baikgaya belajar visual, audio, kinestetik, dan juga verbal.PowerPoint merupakan salah atau software milik Microsoft office (Ms.Office) (Nurhidayati, Asrori, Ahsanuddin, & Dariyadi, 2019). Software ini, menyediakan fasilitas dalam bentuk slide-slide yang dapat membantu dalam menyusun suatu presentasi yang efektif, profesional, dan juga mudah. Sehingga memungkinkan para guru sekolah untuk memanfaatkan sebagai media pembelajaran (Azhar, 2017).

Media power point dapat membantu guru untuk lebih mudah dalam mengajar dan siswa lebih mudah dalam menerima pembelajaran sehingga bisa menimbulkan minat belajar siswa. Menggunakan media power point dapat membantu guru untuk mengembangkan teknik pengajaran terutama pada materi yang terdapat banyak teori atau penjelasan. Dengan digunakannya media power point maka siswa tidak akan merasa jenuh mendengarkan pemaparan materi karena materi yang disampaikan dengan menarik pada tayangan power point.

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik dipandang sebagai individu yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya memiliki kemampuan berbeda seperti kemampuan akademik, minat, dan latar belakang (Arsad Bahri, 2017). Efektif adalah perubahan yang membawa pengaruh, makna dan manfaat tertentu. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan peserta didik secara aktif (Mulyasa, 2003). Pembelajaran yang efektif adalah yang menghasilkan belajar yang bermanfaat dan bertujuan kepada para siswa melalui pemakaian prosedur yang tepat (Daulae, 2014).

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMA/MA. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan (Nofiaturrahmah, 2015).

Dalam pembelajarn IPS ini, media pembelajaran power point dikatakan efektif digunakan, pendapat ini didukung dengan hasil penelitian (Hikmah & Maskar, 2020) menyatakan bahwa media pembelajaran power point dapat menarik minat belajar siswa sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Tampilan media pembelajaraan yang menarik tentunya penting mendapat perhatian dari guru. media power point menunjang tersedianya media pembelajaran yang menarik namun juga praktis digunakan. 

Media pembelajaran power point mampu menunjang pembelajaran jarak jauh, agar pelaksanaan proses pembelajaran menjadi lebih mudah disampaikan. pembelajaran jarak jauh dilakukan pada masa pandemic COVID-19 saat ini. Penggunaan media pembelajaran power point dianggap media yang paling memungkinkan untuk menunjang terlaksananya pembelajaran agar tujuan pembelajaran juga tetap tercapai. 

Menurut (Maryatun, 2015) media power point memiliki penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf, dan animasi baik animasi gambar maupun foto, lebih merangsang anak mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji, pesan informasi Tampilan visual mudah dipahami peserta didik dan tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan. 

Oleh karena itu penggunaan media power point masih menjadi media yang relevan untuk dikembangkan khususnya pada mata pelajaran IPS di masa pandemi. Kekuatan media power point terletak pada penulisan isi yang efektif, variasi penggunakan berbagai gambar dan animasi, sehingga dapat menjadi sesuatu yang menarik bagi peserta didik. Pengembangan lebih lanjut diharapkan media powerpoint menjadi media yang lebih interaktif seperti dengan tambahan bagian latihan menjawab pertanyaan atau juga dengan penambahan suara audio yang lebih menyenangkan.

Jadi, pemanfaatan media pembelajaran berbasis power point ini sangat efektif jika digunakan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran IPS. Karena dengan media yang menarik seperti power point ini, maka peserta didik akan tertarik dan lebih termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran IPS ini. IPS merupakan mata pelajaran yang biasa membuat siswa menjadi bosan karena hanya terdapat materi dan bacaan saja sehingga siswa tidak tertarik sama sekali untuk mempelajari mata pelajaran ini. namun sekarang, yang awalnya bosan dengan pelajaran IPS menjadi cinta akan Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS ini.

DAFTAR PUSTAKA

Arsad Bahri, N. M. dan M. P. (2017). Insani : jurnal penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2), 73–79. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4815/2749

Azhar. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point pada sistem Koordinat Kartesius. Aceh: Akademi Komunitas Negeri Pidie Jaya.

Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 545.

Elpira, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1).

Herijanto, B. (2012). Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1). https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa SMP Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinar Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19.

Maryatun, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1–13.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nofiaturrahmah, F. (2015). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Mi Yang Menyenangkan. Elementary, 3(2), 221.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184


by: Andi Firmansah

Belum ada Komentar untuk "PEMANFAATAN TEKNOLOGI MEDIA POWER POINT SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel