9 Hikmah Puasa Ramadhan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung

9 Hikmah Puasa Ramadhan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung

9 Hikmah Puasa Ramadhan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung

Suara.com - Puasa adalah kegiatan yang dilakukan menahan diri dari nafsu mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Bagi seluruh umat Islam yang sudah baligh menjalankan ibadah Puasa Ramadhan merupakan sebuah kewajiban karena puasa termasuk dalam rukun Islam yang. ketiga. Tahukah Anda hikmah puasa Ramadhan?. Melakukan puasa bukanlah sekedar menjalankan perintah agama. Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik saat menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah hikmah yang bisa kita petik dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan:

1. Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Ketika kita menjalankan ibadah puasa sesuai dengan perintah Allah, maka berarti kita mempasrahkan segalanya pada Allah. Tujuan dari puasa kita adalah untuk mentaati segala perintah Allah demi mendekatkan diri kepadanya.

2. Mendorong pada Perbuatan Baik

Saat kita menjalankan ibadah puasa kita tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, tetepi kita juga menjaga diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik pula. Secara tidak langsung ketika kita menjauhi hal tersebut artinya kita akan terdorong untuk melakukan hal-hal baik demi kesempurnaan puasa

3. Meningkatkan Rasa Empati

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi setiap Muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa orang kaya merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu. Contohnya pada bulan Ramadhan orang-orang berbondong-bondong untuk berbagi, seperti membagikan makanan kepada orang yang kurang mampu untuk berbuka puasa

4. Mencegah Maksiat

Syarat sahnya puasa adalah kita diharuskan untuk bisa menahan segala jenis hawa nafsu, termasuk nafsu makan, nafsu membicarakan keburukan orang lain dan nafsu fisik. Untuk menghindari hal tersebut kita bisa melakukan hal yang bersifat positif, terlebih pada bulan ini segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Artinya hikmah yang bisa kita petik saat kita menjalankan puasa adalah kita bisa menahan hawa nafsu kita.

5. Mengontrol Emosi

Emosi atau marah adalah salah satu hal yang bisa membatalkan ibadah puasa kita, oleh karena itu saat kita menjalankan puasa Ramadhan kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita. Terlebih kita diwajibkan untuk bisa mengontrol emosi kita selama sebulan penuh, tentunya hal ini bisa kita jadikan sebagai sarana kita untuk berlatih dalam mengontrol emosi kita.

6. Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Hikmah puasa yang bisa ketik selain untuk kesehatan rohani juga untuk kesehatan rohani, dibawah adalah kebaikan jasmani yang bisa kita dapatkan saat kita menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meningkatkan kesehatan otak
  • Mencegah peradangan

7. Refleksi Diri

Puasa saat bulan Ramadhan bisa kita jadikan sebagai bahan perefleksian diri kita agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan segala kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara terus menerus di luar bulan Ramadhan.

8. Melatih untuk Hidup Sederhana

Karena waktu berpuasa terjadi pada saat terbit fajar dan terbenamnya matahari, maka kita hanya diperbolehkan untuk makan dan minum diantara waktu berbuka dan makan sahur. Hal ini tentunya akan membuat kita berhemat, karena pada dasarnya saat kita kenyang kita tidak akan terfikir untuk membeli makanan atau minuman.

9. Merekatkan Tali Silaturahmi

Puasa Ramadhan juga ajang menjalin silaturahmi atau tali persaudaraan dengan keluarga, kerabat, dan teman, bahkan dengan orang-orang Muslim lainnya

Kontributor : Dhea Alif Fatikha (https://www.suara.com/news/2021/03/06/135649/9-hikmah-puasa-ramadhan-salah-satunya-meningkatkan-kesehatan-jantung?page=all)

Belum ada Komentar untuk "9 Hikmah Puasa Ramadhan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel