Bagaimana Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu?

Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu

Olahraga adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, kuat dan bugar. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dimana daya tahan tubuh akan meningkat sehingga sulit untuk terkena penyakit. Namun, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya berolahraga. Banyak faktor yang membuat orang jarang berolahraga, setiap orang harusnya memiliki kesadaran dari diri masing-masing. Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Menurut konsep sehat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengemukakan bahwa sehat adalah kesejahteraan jasmani, sejahtera rohani dan sosial bukan hanya bebas dari penyakit, cacat maupun kelemahan. Konsep tersebut dinamakan sehat paripurna (sejahtera seutuhnya). Pada hakikatnya semua lembaga pemerintah maupun swasta, yang membina maupun yang menggunakan sumber daya manusia yang bergerak dibidang apapun, sadar maupun tidak sadar , dalam kegiatannya selalu terkandung tujuan memelihara / membina mutu sumber daya manusia.

Kesehatan olahraga adalah Olahraga untuk memelihara dan/ atau untuk meningkatkan derajat Kesehatan dinamis, sehingga orang bukan saja sehat dikala diam (Sehat statis) tetapi juga sehat serta mempunyai kemampuan gerak yang dapat mendukung setiap aktivitas dalam peri kehidupannya sehari-hari (Sehat dinamis) yang bersifat rutin, maupun untuk keperluan rekreasi dan/ atau mengatasi keadaan gawat-darurat. Kesehatan olahraga meningkatkan derajat Sehat Dinamis (Sehat dalam gerak), pasti juga Sehat Statis (Sehat dikala diam), tetapi tidak pasti sebaliknya. Gemar berolahraga dapat mencegah penyakit, hidup sehat dan nikmat. Malas berolahraga dapat mengundang penyakit. Tidak berolahraga hanya menelantarkan diri.

Olahraga adalah kebutuhan hidup bagi orang yang mau berpikir. Bukan Allah menganiaya manusia, tetapi manusia menganiaya dirinya sendiri, Bila olahraga sudah menjadi kebutuhan, maka mereka akan merasa rugi manakala tidak dapat melakukan Olahraga, misalnya karena hujan. Saat berolahraga, berolaraga hendaknnya mengenakan sepatu atau alas kaki. Memang ada beberapa olahraga tertentu seperti yoga atau pilates yang tidak perlu menggunakan alas kaki. Namun, hampir sebagian besar jenis olahraga umumnya perlu mengenakan sepatu. Alas kaki dibutuhkan saat berolahraga bukan tanpa alasan. Selain agar bisa berolahraga dengan lebih nyaman, sepatu juga berguna untuk melindungi kaki dari berbagai hal yang mungkin saja bisa melukai kaki. Berikut risiko bahaya olahraga tanpa alas kaki yang bisa di alami.

Pentingnya Menggunakan Alas Kaki yang Tepat

Saat Olaraga dianjurkan untuk selalu menggunakan sepatu setiap berolahraga. Jangan mengenakan sembarangan sepatu, tapi pilihlah sepatu yang tepat yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan lakukan. Pasalnya, beda jenis olahraga membutuhkan alas kaki yang berbeda pula. Misalnya, hindari menggunakan sepatu lari biasa untuk bermain sepakbola. Saat bermain sepakbola, sepatumu akan mengalami banyak tekanan, apalagi bila saat bermain di permukaan yang kasar seperti lapangan dengan rumput artifisial. Jadi, kenakanlah sepatu khusus sepakbola untuk mengurangi tekanan di kakimu dan juga agar terhindar dari bahaya olahraga tanpa sepatu.

Mengenakan sepatu yang tepat juga akan menghindarkanmu dari beberapa cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga seperti shin splints, tendonitis achilles, dan lepuhan di kaki yang menyakitkan saat kaki melangkah. Physical therapist and trainer menuturkan, tidak dianjurkan melakukan workout dengan melompat dan berlari jika tanpa menggunakan alas kaki. Sebab hal tersebut bisa meningkatkan risiko cedera kaki, terutama di ligament.

Sebagian orang mungkin menganggap sepatu lari hanya berfungsi untuk melindungi kaki dari batu atau benda asing yang mungkin menyakiti telapak kaki. Tetapi, ternyata tidak sesederhana itu, sepatu jenis ini juga menjaga agar lengkungan kaki tetap terbentuk dan tak berubah menjadi rata. Sebab, lengkungan yang ada pada telapak kaki berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh ketika melakukan gerakan. Justru, telapak kaki yang rata berisiko mengalami nyeri dan sakit pada otot-otot kaki. Lagi pula, telah banyak sepatu lari yang memperhitungkan bantalan pada tumit, sehingga mengurangi tingkat tekanan di tumit dan otot tidak perlu bekerja begitu keras.

Bahaya Berolahraga Tanpa Sepatu

Namun demikian, sangat tidak disarankan berolahraga tanpa alas kaki. Berikut alasannya:

1. Kaki Jadi Mudah Cedera

Ketika berlari atau melompat saat berolahraga, kaki akan mengalami banyak hentakan. Bila tidak mengenakan sepatu, bukan tidak mungkin akan ada pembuluh darah yang dipenuhi oleh sel darah yang menjadi rusak. Akibatnya, kaki akan terasa nyeri dan mudah keseleo.

2. Kapalan

Dampak lainnya yang akan rasakan bila berolahraga tanpa alas kaki adalah kulit kaki akan menebal atau kapalan. Kapalan merupakan respon tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan. Kapalan yang muncul pada kaki tentu akan membuatmu tidak nyaman, bahkan mengganggu saat berjalan.

3. Kaki Tertusuk Benda Tajam

Tanpa alas kaki, kakimu tidak memiliki pelindung. Hal ini akan sangat berbahaya bila berolahraga di luar ruangan, karena benda-benda tajam yang ada di jalan bisa menancap dan melukai kaki. Jadi, sebaiknya gunakanlah sepatu bila ingin jogging atau berjalan santai di luar rumah.

4. Mudah Terserang Kuman Penyakit

Berolahraga di dalam ruangan pun bisa menjadi berbahaya bila tidak menggunakan alas kaki. Hal ini karena lantai tempat berolahraga penuh dengan kuman dan bakteri. Kuman pun dapat dengan mudah masuk melalui kaki yang tidak terlindungi alas kaki bisa menyebabkan mudah terserang penyakit.

Perlu ditekankan kembali bahwa olahraga kesehatan adalah gerak olahraga dengan takaran sedang, bukan olahraga berat. jadi olahraga tersebut dilakukan dengan tidak adanya kekurangan dan tidak juga kelebihan. Artinya berolahraga dengan secukupnya, jangan tidak berolahraga karena kalau tidak berolahraga menjadi mudah sakit, sebaliknya jika melakukan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan sakit.

Akibat Cidera Turnamen Pertandingan Sepak Bola

Surabaya, Ikhsan adalah salah satu pemain di club sepak bola Maju Makmur di desa Sidorame Kota Surabaya, pada tanggal 20 Januari 2019 ikhsan bersama teamnya mengikuti ajang pertandingan nasional atar Propinsi. Sebelum pertandingan di mulai club sepak bola secara terus menerus berlatih di dalam lapangan clubnya.

Ketika akan berlatih ikhsan pada waktu itu lupa membawah sepatu bola, sehingga ia terpaksa harus ikut berlatih dengan cara meminjam sepatu teman se teamnya, latihan pun di mulai setelah beberapa jam pertandingan pelatih menghampiri ikhsan dan menanyakan kenapa latihanmu tidak seperti biasanya, karena ikhsan tidak nyaman menggunakan sepatu yang dia pinjam sama teman satu teamnya. Dari kejadian itu ikhsan memilih untuk latihan tidak menggunakan alas kaki atau sepatu, beberapa jam pada saat latihan terlihat ikhsan begitu lihai dalam memainkan bola. pada menit-menit terakhir ikhsan menjerit kesakitan yang mengakibatkan kaki sebelah kanan mengalami tersandung batu, dari peristiwa tersebut pelatih mengakhiri latihan sepak bola dan membawa ikhsan ke ruang pengobatan. 

Setelah diperiksa akibat dari kejadian tersebut ikhsan mengalami cidera pada kaki sebelah kanannya dan mengakibatkan ikhsan tidak bisa mengikuti pertandingan sepak bola antar provinsi yang semula sudah dijadwalkan. Dari peristiwa tersebut bisa disimpulkan betapa pentingnya olahraga dengan menggunakan alas kaki atau sepatu, guna untuk melindungi bahaya yang tidak di inginkan.


by: MOCH UBAIDILLAH SOLIHIN

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel