DI TENGAH2 PANDEMI KITA TETAP NGAJI

Membaca kitab suci Al Qur'an dan memahami isi kandungannya


تعليم متن
نصائح العبادللشيخ
شهاب الدين إبن حجر العسقلنى

( Ahad, 14 Juni 2020)

بسم الله الرحمن الرحيم

50. Sunnatullah, Sunnatur Rasul, dan Sunnah Waliyullah

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ali ra. berikut ini:

مَنْ لَمْ يَكُنْ عِنْدَهُ سُنَّةُ اللّٰهِ وَسُنَّةُ رَسُوْلِهِ وَسُنَّةُ أَوْلِيَائِهِ فَلَيْسَ فِي يَدِهِ شَيْئٌ

“Barangsiapa yang tidak ada sunatullah di sisinya, sunnah Rasul, dan sunnah para waliyullah, maka ia tidak mempunyai sesuatu pun di tangannya”.

Kemudian ditanyakan kepada Sayyidina Ali ra.:

مَا سُنَّةُ اللّٰه؟ قَالَ: كِتْمَانُ السِرّ، وَقِيْلَ: مَا سُنَّةُ الرَّسُوْلِ؟ قَالَ: المُدَارَةُ بَيْنَ النَّاسِ وَقِيْلَ: مَا سُنَّةُ أَوْلِيَائِهِ؟ قَالَ: اِحْتِمَالُ الأَذَى عَنِ النَّاسِ

"Apakah sunnatullah itu?” Beliau menjawab, “Yaitu menyimpan rahasia. ” Ditanyakan lagi, “Apakah sunnah Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berbuat baik (ramah tamah) kepada sesama manusia.” Dan ditanyakan pula, “Apakah sunnah waliyullah itu?” Beliau juga menjawab, “Menanggung beban penderitaan orang lain.”

Keterangan:
Rahasia adalah sesuatu yang memang harus disembunyikan, agar orang lain tidak mengetahuinya. Menyembunyikan aib (rahasia) orang lain itu hukumnya wajib.

Adapun tentang ramah tamah (sopan santun) adalah sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah syair berikut ini tanpa teks arabnya krn panjang:

“Berbuat baiklah kepada mereka selama engkau berada di rumah mereka. Dan buatlah hati mereka menjadi rida (rela), selama engkau berada di bumi mereka ”.

Kaitannya dengan ini orang-orang sebelum kita saling berwasiat terhadap sesamanya dengan tiga hal dan saling mengingatkan, yaitu:

“Barangsiapa yang beramal untuk akhiratnya, maka Allah akan mencukupkan urusan agama dan dunianya. Dan barangsiapa yang memelihara bathiniahnya, maka Allah akan membaguskan lahiriahnya. Serta barangsiapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah, maka Allah akan memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia. ”

Adapun maksud dari kalimat “Allah akan mencukupkan urusan agama dan dunianya ” adalah bahwa semua gerak-gerik dan tingkah laku orang itu selalu dalam pemeliharaan Allah SWT. Sementara cara yang paling baik untuk memperbaiki hubungan manusia dengan Allah adalah beramal dengan ikhlas, tanpa harus membicarakannya kepada orang lain dan tidak membanggakan kemampuan diri sendiri. Orang yang memperbaiki hubungannya dengan Allah itu akan diperbaiki pula hubungannya dengan sesama manusia oleh Allah SWT. Karena setiap orang yang dicintai oleh Allah itu pasti di cintai pula oleh makhluk-Nya.

والله أعلم بالصواب

دعاء بعد ختام المجلس

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَلّٰلهُمَّ نَظِّمْ أَحْوَالَنَا وَحَسِّنْ أَفْعَالَنَا، وَخَلِّصْنَا مِنْ أَلَمِ الْفَقْرِ وَالذُّلِّ وَاعْصِمْنَا مِنَ الْبَلَاءِ وَالْوَبَاءِ وَالطَّاعُوْنِ، وَمِنْ شُرُوْرِ الْأَعْدَاءِ وَالشَّيَاطِيْنِ وَالنَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ. اَلّٰلهُمَّ يَسِّرْ لَنَا الْإِنْتِظَامَ فِى جَمِيْعِ الْأُمُوْرِ الدِّيْنِيَّةِ وَالدُّنْيَوِيَّةِ وَحَصِّلْ مُرَادَنَا بِالْخَيْرِ. اَلّٰلهُمَّ بَعِّدْنَا مِنَ الشَّرِّ وَالْعِصْيَانِ. اَلّٰلهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ. يَا مُحَوِّلَ الْحَوْلِ وَالْأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَنَا إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ. اَلّٰلهُمَّ يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ، وَيَا خَالِقَ جَمِيْعِ الْأَفْعَالِ، وَفِّقْنَا لِنِيَّةِ الْخَيْرِ فِى جَمِيْعِ الْأَقْوَالِ وَالْأَحْوَالِ. اَلّٰلهُمَّ سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا، وَلَا تَسْلُبْ وَقْتَ النَّزَعِ إِيْمَانَنَا، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُنَا وَارْزُقْنَا خَيْرَىِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. .سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ . وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِين.وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

بسر الأسرار الفاتحة

Belum ada Komentar untuk "DI TENGAH2 PANDEMI KITA TETAP NGAJI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel