DI TENGAH-TENGAH PANDEMI TETAP KITA NGAJI



DI TENGAH2 PANDEMI TETAP KITA NGAJI
DI TENGAH-TENGAH PANDEMI TETAP KITA NGAJI

Oleh: KH. Abdul Manan

تعليم متن
نصائح العبادللشيخ
شهاب الدين إبن حجر العسقلنى

( Ahad, 07 Juni 2020)

بسم الله الرحمن الرحيم

43. Tata Krama, Kesabaran dan Wara’

Sebagaimana yang dikatakan oleh salah seorang ulama besar dari golongan Tabi’in yang bernama Hasan Al Basri sebagai berikut:

مَنْ لاَ أَدَبَ لَهُ لاَ عِلْمَ لَهُ وَمَنْ لاَ صَبْرَ لَهُ لاَدِیْنَ لَهُ وَمَنْ لاَ وَرَعَ لَهُ لاَ زُلْفَى لَهُ

“Barangsiapa yang tidak memiliki tata krama, berarti ia tidak berilmu, dan barangsiapa yang tidak punya kesabaran, berarti ia tidak beragama, serta barangsiapa yang tidak memiliki sifat wara’ (dalam dirinya), maka tidak ada tempat baginya di sisi Tuhan.”

Keterangan:
Tata krama (sopan santun) di sini adalah menyangkut tata krama terhadap Allah SWT. dan tata krama terhadap sesama manusia. Karena orang yang tidak mempunyai tata krama, itu menunjukkan kedangkalan ilmunya/tdk punya hati artinya ilmunya sudah tidak dimanfaatkan lagi.

Sedangkan kesabaran dalam hal ini adalah ketabahan dalam menghadapi segala bentuk kekerasan dan kezaliman yang datangnya dari sesama manusia, disamping itu juga adalah ketabahan dalam melawan segala bentuk kemaksia-tan dan dalam menjalankan perintah agama.

Adapun wara’ adalah meninggalkan segala perkara yang diharamkan dan perkara-perkara syubhat.

والله أعلم بالصواب

دعاء بعد ختام المجلس

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَلّٰلهُمَّ نَظِّمْ أَحْوَالَنَا وَحَسِّنْ أَفْعَالَنَا، وَخَلِّصْنَا مِنْ أَلَمِ الْفَقْرِ وَالذُّلِّ وَاعْصِمْنَا مِنَ الْبَلَاءِ وَالْوَبَاءِ وَالطَّاعُوْنِ، وَمِنْ شُرُوْرِ الْأَعْدَاءِ وَالشَّيَاطِيْنِ وَالنَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ. اَلّٰلهُمَّ يَسِّرْ لَنَا الْإِنْتِظَامَ فِى جَمِيْعِ الْأُمُوْرِ الدِّيْنِيَّةِ وَالدُّنْيَوِيَّةِ وَحَصِّلْ مُرَادَنَا بِالْخَيْرِ. اَلّٰلهُمَّ بَعِّدْنَا مِنَ الشَّرِّ وَالْعِصْيَانِ. اَلّٰلهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ. يَا مُحَوِّلَ الْحَوْلِ وَالْأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَنَا إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ. اَلّٰلهُمَّ يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ، وَيَا خَالِقَ جَمِيْعِ الْأَفْعَالِ، وَفِّقْنَا لِنِيَّةِ الْخَيْرِ فِى جَمِيْعِ الْأَقْوَالِ وَالْأَحْوَالِ. اَلّٰلهُمَّ سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا، وَلَا تَسْلُبْ وَقْتَ النَّزَعِ إِيْمَانَنَا، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُنَا وَارْزُقْنَا خَيْرَىِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. .سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ . وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِين.وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

بسر الأسرار الفاتحة

Belum ada Komentar untuk "DI TENGAH-TENGAH PANDEMI TETAP KITA NGAJI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel